5 Cara ampuh mengatasi Komputer Restart sendiri serta penyebabnya

  • Whatsapp
5 cara mengatasi komputer yang restart sendiri
5 cara mengatasi komputer yang restart sendiri Dunia TriLogi

DuniaTriLogi.comKomputer adalah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk meengoprasikan data sesuai instruksi, serta dapat digunakan untuk memutar musik, film, mengerjakan kebutuhan dalam bentuk soft file dan seagainya dengan menggunakan perangkat CPU dan Monitor sebagai alat yang dapat membuatnya bekerja. Bila mengalami restart sendiri kita harus mengatasi komputer restart sendiri.

Komputer juga merupakan alat elektronik yang masih eksis digunakan banyak orang selain gadget atau smartphone. Biasanya komputer digunakan sebagai perangkat pendukung kerja-kerja elektronik, mengingat komputer dapat kita gunakan dalam banyak hal, seperti mengerjakan pekerjaan tulisan, menyusun suatu file, mengedit video, foto, maupun bermain game berat, dan masih banyak keguanaan lainnya. Tentunya hal demikian dapat kita lakukan di komputer bila komputer memiliki kapasitas maupun processor yang memadai.

Bacaan Lainnya

Komputer menurut WikiPedia : Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.Sumber Komputer – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kelebihan ketika memiliki komputer yaitu, kita dapat menjalankan program ringan maupun berat untuk melakukan banyak pekerjaan dengan layar yang lebih luas dan lapang, tentunya hal demikian dapat mempermudah pekerjaan kita. Apalagi ketika kamu dapat merakit komponen-komponen komputer kamu sendiri sampai menjadi Komputer dengan spesifikasi Dewa agar kamu tidak merasakan lag ketika sedang bekerja.

Kekurangan lainnya hanyalah, karena komputer memiliki ukuran yang besar dan akan sangat tidak cocok ketika ingin digunakan di lain tempat. Apalagi ketika ingin mengedit atau bekerja dengan nuansa baru di lain tempat, mengingat komputer bukan merupakan perangkat portabel yang dapat dibawa kemana-mana hati senang. Tentunya akan merepotkan bukan, bila ingin dibawa kemana-mana bersama hardrive (Perangkat Keras) CPU dan Monitornya?

Akan tetapi, terlebih dari kelebihan-kelebihan yang dapat didapati pada perangkat komputer, beberapa laporan yang telah dikumpulkan dari pengguna komputer bahwa kerap kali mereka mengalami masalah yang membuat kebingungan, dan tentunya hal ini menjengkelkan bukan?.

Salah satu bentuk masalah yang umum terjadi seperti: komputer restart sendiri tanpa diketahui sebabnya. Karena sering terjadi, maka banyak orang yang mencari-cari cara mengatasi komputer restart sendiri yang efektif.

Jadi apakah penyebab dari masalah komputer sering restart sendiri? hal ini dapat terjadi pada banyak komputer dengan faktor yang berbeda-beda, salah satu faktonya, mulai dari overheat hingga adanya virus di dalam komputer. Cara mengatasi komputer restart sendiri tentunya berbeda-beda tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Berikut adalah rangkumannya.

1.  Mengatasi Komputer Restart Akibat Overheat

Salah satu penyebab utama dari masalah komputer restart sendiri adalah processor yang terlalu panas atau sering disebut dengan overheat. Jadi bagaimana cara kita mengetahui bahwa processor komputer overheat? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Cek kondisi temperatur di menu Hardware Monitor pada BIOS,
  • Gunakan program monitoring temperatur seperti CPUID Hardware Monitor,
  • Cek dengan membuka casing CPU secara manual, lalu raba temperatur pada bagian pendingin processor,

Jadi ketika kamu telah mencoba hal diatas dan dapat menyimpulan bahwa komputer kamu dalam kondisi overheart, lakukanlangkah-langkah berikut untuk mengatasi komputer restart sendiri :

  • Bersihkan debu yang ada pada Casing CPU dan pendingin Processor,
  • Gunakan thermal paste sebagai penghubung yang berguna untuk merekatkan bagian Processor dan pendingin,
  • Simpan komputer di ruangan yang tidak terlalu panas. Jika terpaksa untuk menyimpannya di ruangan panas, beri tambahan kipas angin pada casing CPU agar sirkulasi udara lancar,
  • Gunakan program monitoring temperatur seperti CPUID Hardware Monitor atau CPU Thermometer agar bisa mengetahui kondisi Processor yang overheat secara dini,
  • Kurangi program yang tidak dibutuhkan,
  • Non aktifkan program yang berjalan secara otomatis di latar belakang layar komputer melalui Task Manager.

Catatan : Thermal paste memiliki fungsi untuk menutup celah udara antara processor dengan pendingin, jadi ketikan menggunakan thermal paste pastikan usapkan dengan rata sampai tidak ada celah-celah yang membuat panas dari processor beterbangan kesegala sisi CPU.  Tidak wajib sih, namun ini akan sangat berguna untuk mengoptimalkan penggunaan komponen pendingin di CPU kamu!.

2.  Mengatasi Komputer Restart Akibat VGA Card Rusak

Selanjutnya, untuk mengatasi Komputer Restart sendiri iayalah, salah satu hal yang sering mengakibatkan komputer restart sendiri adalah kerusakan pada VGA (Video Graphics Array). VGA ini merupakan komponen kartu grafis yang memiliki kegunaan untuk mengatur dan menerjemahkan data visual dari komputer ke layar monitor. Umumnya, jika VGA Card rusak maka pendingin Processor akan terasa cepat panas dan kualitas tampilan gambar pada monitor menurun.

Langkah awal dalam mengatasi masalah ini yaitu lakukan pemeriksaan kompabilitas program di komputer kamu dengan mengecek program VGA pembaruan terakhir, lakukan pembaharuan bila program kamu memiliki update yang terbaru.

Ketikatelah melakukan pembaharuan dan hasilnya masih sama saja, sebaiknya lakukan langkah berikut, sebagai tahapan memperbaharui software/program sekaligus mengecek dan membersihkan perangkat harddrive.

Langkah kedua, cukup membersihkan dan pastikan VGA Card dalam keadaan bersih. Selanjutnya, jika pada komputer ada VGA onboard dan VGA tambahan, coba untuk melepaskan VGA tambahan.

3.  Mengatasi Komputer Restart Akibat RAM Rusak atau Kotor

Penyebab ketiga dari komputer yang sering restart sendiri adalah RAM yang rusak atau kotor.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, cukup mudah namun, bila tidak pernah kita lakukan akan memberikan dampat yang fatal.

Untuk mengatasi Komputer Restart sendiri, Coba bersihkan terlebih dahulu RAM yang terpasang, gunakan penghapus pensil untuk membersihkan ujung-ujung bagian masuknya RAM ke Motherboard. Akan tetapi jika komputer tetap tidak bisa booting dan selalu restart meskipun RAM sudah dibersihkan, ganti RAM yang terpasang agar komputer bisa berjalan normal kembali.

Catatan: Tenang jika kamu belum bisa mengganti RAM pada komputer kamu, kamu dapat mencoba RAM milik orang lain terlebih dahulu untuk cara ini.

4.  Mengatasi Komputer Restart Akibat Switch ON-OFF Rusak

Mengatasi Komputer Restart sendiri kali ini walaupun jarang, tombol switch ON-OFF pada CPU yang rusak ternyata bisa menjadi salah satu penyebab masalah komputer restart sendiri. Hal ini tentunya dapat terjadi ketika tombol CPU kamu telah lengket dan kadang tertekan sendiri ketika sedang menggunakan komputer. Untuk penyebab yang satu ini solusinya adalah ganti kabel tombol ON-OFF dengan yang lain.

5.  Mengatasi Komputer Restart Akibat Masalah Software

Software komputer yang bermasalah ternyata juga bisa memicu masalah komputer restart sendiri. Jika komputer telah  ditambahkan perangkat keras tambahan seperti menginstall driver tetapi ternyata ditemukan ketidaksesuaian antara driver atau software yang diinstall tersebut dengan  OS yang dipakai, maka komputer akan sering restart sendiri dengan disertai blue screen, tanpa disadari.

Untuk solusi dari masalah tesebut iyalah, cukup dengan menghapus program yang sebelumnya telah di install, lalu cek lagi apakah driver yang akan digunakan sudah sesuai dengan hardware maupun OS komputer yang dimiliki. Selain itu, jangan lupa untuk menjalankan progra untuk mengupdate driver yang ada, serta mengupdate sistem operasi yang kamu gunakan di komputer kamu.

Demikian rangkuman cara mengatasi komputer restart sendiri sesuai penyebabnya. Nyatanya, cara terbaik dan paling efektif untuk mengatasi masalah pada komputer restart sendiri adalah dengan mengenali penyebabnya dan memperbaikinya sesuai dengan penyebab masalah itu terjadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *