5 Cara mengatasi Mouse Wireless tidak berfungsi paling Ampuh

  • Whatsapp
ini dia cara mengatasi mouse wireless yang bermasalah
ini dia cara mengatasi mouse wireless yang bermasalah - Dunia TriLogi

Mengatasi Mouse Wireless yang tidak berfungsi paling ampuh.

DuniaTrilogi.com – Sebuah perangkat komputer maupun laptop tentunya memerulukan sebuah hardware yang dapat menggerakkan kursor pada layar komputer kita. Pada komputer tentunya membutuhkan sebuah Mouse yang dapat menungjang proses tersebut. Sedangkan pada sebuah Laptop telah tersedia Mouse yang menjadi komponen laptop itu sendiri, biasanya di laptop alat ini disebut touchpad yang tentunya fungsinya serupa dengan Mouse, hanya saja ini melekat pada setiap laptop yang ada.

Bacaan Lainnya

Namun apakah dengan hanya menggunakan sebuah Touchpad pada laptop akan memudahkan untuk bermultitasking? Jawabannya tentunya relatif, tergantung dari kenyamanan pengguna. Ada ya, sudang sangat efisien, dan ada yang bilang kurang, jadi dibutuhkan sebuah perangkat eksternal berupa Mouse.

Akan tetapi beiring berkembangnya teknologi, sekang sudah banyak varian dari perangkat Mouse ini, ada yang memiliki case yang unik-unik. Berkemangnya Mouse ini dapat kita perhatikan pada suatu Mouse, mengingat pada awal mulanya Mouse menggunakan sebuah bola sensor untuk menggerakkan kursor yang terletak di bagian bawah Mouse.

Seiring berkembangnya produk Mouse, yang dibuktikan perubahan-perubahan yang terjadi, dari bola sensor di kembangkan menjadi laser sensor, hal ini tentunya akan memberikan kenyamanan untuk pengguna, dari segi ukuran, desain, dan berat tentunya memiliki perbedaan yang jauh. perkembangan ini tetap memiliki BUG yang membuat Mouse Wireless tidak berfungsi.

Perkembangan tidak hanya samapai disana, sekarang telah beredar Mouse yang tanpa menggunakan kabel atau Mouse Wireless, perkembangan ini memberikan dampa yang baik kepada penggunanya, Mouse Wireless ini kemudian banyak digunakan masyarakat karena lebih praktis dan nyaman. Tanpa kabel tentunya lebih baik, karena lebih praktis dan gak ribet untuk mengaturnya diantara benda-benda lain. Pengguna tidak ribet dengan kabel yang silang melintang sehingga bebas menggerakkan laptop ataupun Mouse itu sendiri.

Akan tetapi, jika terjadi kerusakan tentunya cara penanganannya pun berbeda dengan Mouse biasa yang umumnya terjadi masalah pada kabel. Masalah Mouse ini biasanya tidak berfungsi karena ada beberapa masalah, seperti baterai yang habis atau penerima sinyal yang rusak. Nah, lengkapnya inilah cara mengatasi Mouse wireless tidak berfungsi.

1. Ganti Baterai

Hal pertama yang perlu diingat bahwa Mouse wireless menggunakan energi dari baterai untuk dayanya. Jika Mouse tidak berfungsi sama sekali bisa jadi daya baterai sudah habis sehingga perlu diganti. Maka Mouse Wireless tidak berfungsi dapat diakibatan oleh permasalahan ini. Apalagi baterai sudah digunakan lebih dari setahun yang merupakan usia standar baterai Mouse. Tanpa beterai yang berfungsi Mouse tersebut juga tak akan berfungsi. Baterai yang digunakan Mouse wireless umumnya menggunakan jenis baterai A3 dan pilihlah merk yang terbukti memiliki daya tahan yang awet.

2. Lepas Pasang Dongle Mouse

Dongle dapat menyebabkan Mouse Wireless tidak berfungsi (serupa USB yang dilekatkan dalam port laptop/komputer) atau penerima sinyal yang kerap menjadi masalah ketika menggunakan Mouse wireless. Jika Mouse tiba-tiba tidak bergerak atau not responding maka copot Dongle pada laptop atau PC.Tunggu beberapa menit lalu pasang kembali usb. Biasanya cara ini cukup ampuh mengatasi Mouse wireless yang tidak berfungsi. Hal tersebut bisa terjadi jika kualitas Mouse kurang bagus, kepekaan Mouse mulai berkurang hingga Mouse yang terlalu lelah bekerja. Melepas dan memasang kembali Dongle merupakan restarter yang bisa dilakukan sebelum mencoba cara lain.

3. Pindah ke Port USB atau Laptop Lain

Cara ketiga untuk mengatasi Mouse Wireless tidak berfungsi ini dengan masih mengasumsikan terjadi masalah pada hardware, namun kali ini hardware laptop. Jika Mouse tidak berfungsi cobalah menggunakan port usb lain atau bahkan laptop lain untuk mengetahui apakah Mouse ini benar-benar bermasalah atau tidak. Jika Mouse berfungsi dengan baik ketika menggunakan port usb yang berbeda atau laptop lain maka itu artinya port usb tersebut mengalami kerusakan. Solusinya, pengguna bisa mengganti port usb tersebut dengan membawanya ke tempat service. Namun jika Mouse masih tetap tidak menyala maka wajib coba cara keempat.

4. Update Driver

Jika cara sebelumnya tidak berhasil mengatasi Mouse Wireless tidak berfungsi artinya hardware baik-baik saja dan kemungkinan masalah terjadi pada software. Pengguna Mouse wireless perlu mengupdate ulang driver Mouse wireless dengan cara sebagai berikut.

Pertama, hubungkan Mouse dengan laptop lalu buka Computer. Kedua, klik kanan pilih Properties lalu klik pula Device Manager. Ketiga, akan muncul kotak dialog lalu pilih tab Universal Serial Bus Controller. Cek jika ada tanda seru berwarna kuning artinya laptop perlu reinstall driver USB dan driver Mouse wireless.

Untuk melakukan pembaharuan, kamu baiknya mencari driver di website resmi yang dimiliki Mouse Wireless kamu, setelah memiliki berkas driver, silahkan install bila berbentuk ekstensi program (exe.)

Bila berbentuk ZIP, kamu harus mengekstrak dalam folder yang mudah ditemukan, kemudian; Buka  kembali Device Manager, pilih tab Universal Serial Bus Controller, lalu klik update. Akan ada dua pilihan, Pertama update secara otomatis dengan layanan internet, kedua update dengan cara manual. Pilih yang kedua, kemudian cari folder yang berisikan file yang telah di unduh dan di ekstrak, klik. Lalu tunggu sampai proses selesai.

Jika telah melakukan update driver akan sangat disarankan melakukan restart pada perangkat, agar hasil lebih optimal.

5. Ganti Mouse dengan Kualitas yang Lebih Baik

Namun, jika keempat cara mengatasi Mouse wireless tidak berfungsi di atas masih saja tidak ampuh maka sudah diyakini bahwa kamu perlu melakukan perganti Mouse wireless dengan yang baru.

Mouse wireless yang rusak bisa ditandai dengan lampu tidak hidup yang artinya receiver sudah tidak bisa menerima sinyal kembali. Solusi terbaiknya ialah ganti dengan Mouse baru yang lebih berkualitas. Memilih Mouse dari merk ternama dengan harga yang wajar lebih aman daripada memilih Mouse yang murah dan tidak terjamin merknya.

Setidaknya dengan meggunakan Mouse wireless dengan merek yang ternama, akan memudahkan ketika dilakukan perbaikan, akan banyak review yang dapat kamu temukan. Untuk saya sendiri sedang menggunakan merek LogiTech. Kalau kamu sendiri menggunakan Mouse merek apa?

Mengenai Mouse yang ada dipasaran sekarang, kita baiknya menyesuaikan dengan penggunaan kita, semisal jika kamu ingin menggunakan Mouse sebagai alat yang mendukung aktifitas berupa bermain game, akan lebih direkomendasikan bila menggunakan Mouse yang berkabel, karena dijamin delay dari Mouse ke kursor tentunya memiliki pengaruh.

Jika kamu pengguna kantoran dan desain grafis, kamu lebih baiknya beralih menggunakan Mouse wireless karena akan lebih memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan mengontrol kursor pada laptop maupun PC dengan mudah.

Setidaknya itulah cara mengatasi Mouse wireless tidak berfungsi yang perlu dicoba. Keempat cara diatas sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri sehingga tidak perlu membawanya ke tukang service yang tentu mengeluarkan biaya lagi.

Merawat Mouse wireless juga perlu dilakukan agar masa pakai lebih panjang dan untuk menghindari masalah umum yang sering terjadi ini. Mouse yang tidak dipakai sebaiknya dimatikan dengan cara menurunkan panel aktif ke non aktif atau melepas doglenya pada laptop serta sesekali melepas baterai dan usb agar alat bisa beristirahat. Jangan lupa untuk menghidari Mouse dari tindihan barang ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *