Cara Membuat Fans Page Melalui Facebook Untuk Berbisnis

  • Whatsapp
Gambar ilustrasi cara membuat fans page dengan cara mudah dan jelas
Gambar ilustrasi cara membuat fans page dengan cara mudah dan jelas dengan tips dari dunia trilogi

Sebuah website Informasi Teknologi maupun seubuah layanan tentunya akan lebih baik jika memiliki sebuah Fans Page yang merupakan salah satu fitur atau halaman yang disediakan oleh aplikasi Facebook. Halaman tersebut biasanya banyak digunakan oleh seseorang yang memiliki bisnis berjualan maupun pemberi layanan informasi, bahkan banyak yang membuat halaman fanspage untuk mempromosikan jasa.

Karena kini banyak sekali yang memanfaatkan media sosial untuk promosi penjualan serta layanannya. Selain hanya bermodalkan kuota, caption dan foto, jualan online juga pemasarannya akan lebih mudah mencakup banyak pelanggan-pelanggan baru. Hal, inilah yang membuat banyak penyedia jasa membuat halaman Fanspage untuk memudahkan menjangkau banyak pelanggan, dan pelanggan akan lebih mudah untuk melakukan konsultasi mengenai jasa/barang yang ditawarkan.

Bacaan Lainnya

Karena itu, alangkah baiknya jika kamu memiliki sebuah Halaman Fanspage untuk menarik dan memudahkan banyak pelanggan untuk menjual layanan yang kamu miliki. Jadi gimana penasaran bagaimana cara membuat Fans Page melalui Facebook? Semua akan diulas di bawah ini.

Mungkin sebagian sudah mengetahui apa fungsi Fans Page itu sendiri. Namun ada juga yang belum mengetahui fungsi serta cara membuatnya. Berikut merupakan cara membuat Fans Page melalui Facebook yang bisa di coba untuk mengembangkan bisnis online yang kamu miliki:

Note: Silahkan ikuti langkah-langkah berikut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Login Terlebih Dahulu Pada website Facebook

Sebab cara membuat Fans Page yang akan dibuat ini menggunakan fitur Facebook, maka langkah pertama yang dilakukan adalah login ke akun Facebook yang kamu miliki.

Setelah login ke akun tersebut cara membuat page yang selanjutnya adalah dengan membuat tab baru dan klik url berikut https://www.Facebook.com/pages/create.php,  jika sudah berhasil masuk ke halaman tersebut maka nanti akan diberi pilihan.

Langkah selanjutnya adalah memilih kategori bisnis sesuai dengan apa kegunaan yang akan dibisniskan atau diperjual belikan kelak. Setelah memilih kategori pada page, maka selanjutnya adalah mengisi nama bisnis yang akan dirintis. Setelah itu centang pada kolom persetujuan yang ditampilkan.

2. Isi Page Dengan Informasi Sesuai Bisnis

Jika sudah berhasil membuat page, maka cara membuat Fans Page selanjutnya adalah dengan mengisi informasi pada page. Informasi yang di maksud adalah seperti halnya gambar ataupun foto. Sebaiknya isi dengan logo yang sekiranya sesuai dengan tema bisnis. Agar orang yang melihat bisa tahu apa yang dijual dari logo tersebut.

Selanjutnya isi bagian about atau yang berarti tentang bisnis yang akan di kembangkan. Sebaiknya isi beberapa kalimat untuk memperjelas bisnis apa yang ditampilkan. Tak lupa isi juga dengan url atau halaman yang ditujukan ke laman web jual beli yang akan digunakan nantinya, bisa juga dengan mengisi url dengan website yang kamu miliki.

3. Mengatur Pada Bagian Panel Admin

Langkah ke tiga cara membuat Fans Page yang selanjutnya adalah dengan mengatur bagian pada panel admin. Pada menu ini yang bisa dilakukan pengeditan about page (Informasi tentang halaman yang kamu miliki) jika sewaktu waktu akan diganti isinya. Jika produk yang akan dijual berbeda atau ganti produk, maka di dalam panel admin inilah bisa dilakukan penggantian informasi.

Dalam menu ini juga dapat menambah jumlah admin. Seperti contoh si penjual akan melakukan bisnis dengan rekannya, jadi akan memudahkan pekerjaan kamu, jika kamu memilih untuk menjalankan usaha dengan bantuan seseorang dan menjadi salah satu admin pada Halaman Fans Page kamu.

Maka pada menu ini dapat menambahkan pengguna lain sebagai admin, yang nanti juga dapat ikut berkomentar jika ada pelanggan yang bertanya. Selain itu admin lain yang ditambahkan juga dapat mengunggah foto produk, serta melakukan penyuntingan infromasi, sesuai dengan posisi yang kamu berikan pada halaman Fans Page.

Peranan yang dapat kamu tambahkan di Fans page:

  • Admin: Selaku pemilik, pengedit, dan mendapati full akses untuk mengelolah secara utuh halaman yang ada.
  • Editor: Hanya mendapatkan akses untuk melakukan pengeditan pada halaman Fanspage. Pengeditan berupa informasi halaman, layanan chat, dan penyesuaian profil, serta sampul halaman.
  • Moderator: Peranan ini dapat digunakan sebagai penjawab pesan yang masuk, dan dapat memposting status pada halaman.
  • Pengiklanan: Peranan ini memberikan peranan untuk mengatur dan mengontrol penggunaan jasa pengiklanan pada Facebook, jadi jika kamu menambahkan peranan ini pastikan kalau kamu akan melakukan penjualan berupa menggunakan jasa Facebook Ads.
  • Analis: Peranan ini difokuskan untuk memperhatikan grafik kinerja halaman yang ada, jadi peran ini hanya akan mendapatkan akses untuk melihat grafik kinerja halaman. Jadi akan membantu kamu mengetahui kinerja halaman facebook.
  • Khusus: Untuk peran ini dapat dilakukan costum atau menyesuaikan peranan yang ingin kamu berikan kepada orang yang kamu percayakan, untuk bergabung kehalaman Fans page kamu.

Note: Jadi silahkan sesuaikan dengan peranan pengguna yang ingin kamu tambahkan di Halaman kamu, yah!.

4. Pentingnya Mengisi Halaman Page Dengan Berbagai Konten Menarik

Konten menarik tidak selalu dalam bentuk teks. Namun juga dapat berupa foto atau gambar produk yang menarik untuk pelanggan. Cara membuat page selanjutnya adalah dengan memasang foto sampul sesuai produk yang akan ditawarkan yang sekiranya terlihat menarik. Sesuatu yang menarik tentunya akan mengundang minat pelanggan. Jadi pastikan kamu menggunakan sampul yang dapat menambah impuls agar pelanggan ingin membeli maupun menggunakan jasa kamu.

Untuk membagikan postingan usahakan dengan gambar atau foto yang jelas dan real. Jika foto tidak real pelanggan akan sulit untuk percaya. Tidak hanya itu, saat memposting sebaiknya diberi keterangan yang lengkap agar pelanggan bisa jelas mengetahui produk yang ditawarkannya.

5. Ukur Atau Cek Page Yang Dibuat

Setelah berhasil membuat page dan memperjualkan dagangan. Maka yang selanjutnya dilakukan adalah dengan mengukur strategi yang berhasil dan strategi yang kurang berhasil. Bisa dilihat dari keterlibatan teman atau pengguna lain yang berkunjung serta yang hingga memesan produk atau membelinya.

Demikian cara membuat Fans Page yang bisa dilakukan melalui market Facebook. Berjualan secara online ini sangat banyak keuntungannya. Terutama adalah banyaknya yang melihat produk yang ditampilkan dari semua provinsi di seluruh negeri, dan dengan kemudahan pelanggan untuk melakukan konsultasi tentang penawaran-penawaran yang kamu berikan.

Sekedar informasi ya, kalau Fans page bukan hanya digunakan untuk penjualan, namun dapat juga digunakan sebagai media penyebaran informasi, dan halaman untuk meningkatkan popularitas pribadi maupun perusahaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *