Cara memperbaiki hardisk eksternal rusak

  • Whatsapp
Cara memperbaiki Hardisk rusak
atasi masalah hardisk eksternal tidak terbaca di Laptop

Cara memperbaiki hardisk eksternal rusak yang tidak terbaca pada laptop. Hard Disk Drive atau HDD dapat digunakan untuk menyimpan semua data yang ada pada laptop, bahkan dapat menyimpan data-data yang ada pada smarthone. HDD dapat dikatakan sebagai media inti pada perangkat PC/Laptop untuk menyimpan data-data yang ada. HDD dapat di katakana sebagai memory card versi besar, sedangkan yang ada pada smartphone dikatakan sebagai Micro SD.

Hardisk pada perangkat PC/Laptop merupakan komponen yang sangat penting, jadi perlu untuk mengetahui cara memperbaiki Hardisk jika mengalami masalah. Hardisk yang tidak terbaca bisa disebabkan beberapa hal salah satunya adalah Windows yang tidak dapat mengenali driver. Namun, jangan risau berikut ini ada beberapa cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca pada laptop yang bisa dilakukan sendiri, sebelum dibawa ke tukang servis dan tanpa perlu mengeluarkan uang yang banyak:

Bacaan Lainnya

1. Cek Adakah Permasalahan pada Driver Windows?

Salah satu cara memperbaiki hardisk eksternal rusak yang tidak terbaca pada laptop adalah dengan memeriksa Windows driver. Ketika memasukkan hardisk ke laptop maka otomatis Windows akan mencoba mengenali data yang tertera di hardisk. Untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara mencolokan USB ke port laptop. Setelah itu cek apakah Windows bisa membaca hardisk tersebut.

Apabila hardisk telah terbaca, namun menu Windows eksternal masih tidak muncul. Maka bisa lakukan cara ini yaitu tekan Windows+R secara bersamaan, ketik diskmgmt.msc setelah itu buka disk management. Di dalam disk management ini pengguna bisa memformat file, menata ulang tempat device, dan hal-hal lainnya.

2. Change Letter pada Disk Management

Terkadang hardisk external rusak yang tidak terbaca disebabkan oleh letter hardisk yang belum terpasang. Cara memperbaiki hardisk eksternal rusak cukup dengan memasang letter tersebut, yaitu dengan membuka disk management. Kemudian pilih letter yang ingin diganti dan klik 2 kali pada mouse. Setelah itu klik tulisan change drive letter dan ikuti prosedur penggantian letternya sampai selesai.

3. Periksa Kemungkinan Terjadi Permasalahan pada Port USB

USB yang tidak cocok akan membuat laptop tidak bisa mengenali hardisk tersebut. USB berfungsi sebagai transfer data ke sistem atau laptop. Penting sekali untuk memeriksa bagian ini. Untuk cara mengatasi atau memperbaiki Hardisk eksternal rusak cukup ganti USB yang sesuai ukurannya dengan port pada laptop. Jika masih belum bisa coba pindahkan USB tersebut ke port lainnya.

4. Mengganti Casing pada Hardisk

Casing pada hardisk berfungsi untuk melindungi komponen-komponen hardisk. Komponen tersebut nantinya yang akan menyimpan data-data. Permasalahan yang kerap muncul pada hardisk adalah casing yang mengakibatkan tidak dapat terbaca akibat komponennya bermasalah. Biasanya terdapat pada bagian konektor yang tidak sesuai lagi dengan power dan sata hardisk.

Untuk memperbaiki hardisk eksternal rusak yang tidak terbaca biasanya terjadi pada hardisk yang tidak bermerek. Disarankan untuk membeli hardisk yang benar-benar memiliki kualitas bagus, tanda salah satunya adalah terdapat merk pada hardisk tersebut.

5. Mengaktifkan USB Legacy dan Menonaktifkan USB Selective

USB legacy berfungsi untuk menginput data. Cara mengaktifkan USB legacy adalah pertama masuk pada menu bios. Kemudian search pengaturan USB legacy dan klik, setelah itu aktifkan perubahan pada menu tersebut, setelah itu simpan dan coba restart laptop. Sedangkan USB selective pada laptop berfungsi untuk mengatur jalannya input yang dalam kondisi rendah saat digunakan. Sedangkan jika HDD mengalami kerusakan Bad Sector dapat diatasi dengan langkah berikut: Atasi Bad Sector pada HDD.

Cara menonaktifkannya adalah ketik power di laptop pada menu search, setelah itu akan muncul menu advanced power setting dan klik menu tersebut. Lalu klik USB setting dan USB selective kemudian yang terakhir nonaktifkan pengaturannya dengan klik disabled, simpan perubahan tersebut dan coba lakukan restart pada laptop.

Itulah cara memperbaiki hardisk eksternal rusak yang tidak terbaca pada laptop yang bisa dilakukan juga oleh pemula. Hardisk memang memiliki peranan penting untuk menyimpan data yang akan disimpan di laptop. Hardisk yang rusak atau tidak terbaca sering kali membuat pekerjaan menjadi terhambat dan terganggu.

Hal ini terkadang membuat banyak pengguna laptop menjadi panik dan risau. Untuk itu pengguna bisa menerapkan cara diatas apabila mendapatkan permasalahan yang serupa. Akan tetapi apabila mengalami kesulitan dan cara diatas sudah dilakukan maka jalan satu-satunya adalah membawanya ke tukang servis. Selain HDD yang dapat mengalami kerusakan, Mouse Wirelles juga kadang mengalami hal serupa, untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara mengatasi Mouse Wireless tidak berfungsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *