Cara memperbaiki Hardisk yang Tidak Terbaca Paling Aman

  • Whatsapp
Cara mengatasi hardisk yang tidak terdeteksi
Cara mengatasi hardisk yang tidak terdeteksi dengan langkah yang mudah

DuniaTrilogi.comHardisk merupakan alat penyimpanan data pada perangkat Laptop ataupun PC, Hardisk juga menjadi solusi bagi pengguna laptop yang membutuhkan penyimpanan lebih dan besar. Kapasitasnya yang sangat besar tentu untuk menyimpan file-file penting sehingga perlu dirawat dan dihindari dari virus. oleh karena ini sangat penting untuk mengetahui cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca serta cara merawat hardisk.

Hardisk ini juga tentunya memiliki banyak variasi yang ada, beberapa spesifikasi menjadi perbedaan dan kegunaan untuk di tiap-tiap perangkat, untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya bisa mengecek di artikel berikut.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui juga, bahwa hardisk terdapat pada perangkat elektronik laptop/PC dan diluar. Atau dengan bahasa lain hardisk ini dapat digunakan secara internal maupun eksternal, dengan demikian akan memberikan alat penyimpanan yang besar bagi kamu yang butuh penyimpanan lebih. Untuk variasi dari ukuran hardisk beragam, kamu dapat menadapatkan penyimpanan 150 gb sampai 12 TB (Terrabyte) dan memiliki ukuran yang bermacam-macam.

Namun dari kelebihan yang dimiliki dari hardisk ini tentunya memiliki masalah tertentu seperti, terkadang ketika hardisk dihubungkan ke laptop hardisk tersebut tidak muncul misalnya saja tidak terbaca ketika dihubungkan ke laptop. Hal ini pasti membuat pusing dan panik karena file-file yang ada didalamnya ataupun harga hardisk itu sendiri yang mahal.

Jangan khawatir, jika kamu mendapati masalah diatas kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini yang akan dijelaskan Cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca,

1. Install Ulang Driver

Langkah paling pertama Memperbaiki hardisk yang tidak terbaca, yang Paling mudah dan aman ialah dengan melakukan reinstall drivernya dengan langkah sebagai berikut. Pergi ke Computer lalu klik kanan dan pilih Properties. Kemudian akan muncul kotak dialog, pilih tab Device Manager lalu cek pada bagian kabel USB, jika terdapat tanda seru kuning YAB Attached SCSI maka artinya perlu di reinstall.

Klik kanan pada usb tadi dan pilih Update Driver Software >Browse My Computer for Driver Software > Let Me Pick from a List of a Device > ceklis Show Compatible Hardware hanya pada USB Attached SCSI > Install.

2. Ganti Letter Hardisk

Setiap kasus hardisk yang tidak terbaca berbeda-beda, salah satunya hardisk sudah masuk namun tidak memiliki letter sehingga tidak muncul. Letter maksudnya ialah Local Disk C, D dan seterusnya sehingga pengguna perlu mengatur ulang manajemen ini.

Caranya, ketik diskmgmt.msc lalu enter dan akan muncul kotak dialog Computer Management. Pilih disk yang ingin diubah, klik kanan dan pilih Change Drive Letter and Path. Kemudian klik Add dan ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai.

3. Ganti Kabel USB atau Casing Hardisk

Sebelum mencoba cara-cara selanjutnya yang perlu memformat hardisk cobalah ganti kabel USB atau penghubungnya. Bisa jadi ada kerusakan pada hardware tersebut. Jika mengganti kabel usb tidak berpengaruh cobalah ganti casing hardisk. Dengan begitu kamu dapat Memperbaiki hardisk yang tidak terbaca.

Bagian ini juga bisa menjadi masalahnya jika sudah terlalu lama dipakai atau casing yang memiliki kualitas rendah. Gantilah casing ini dengan yang lebih berkualitas atau menggunakan merek yang sudah terbukti bagus.

4. Aktifkan Melalui BIOS

Lakukan berikut untuk Memperbaiki hardisk yang tidak terbaca keempat ini dengan merestart laptop kemudian tekan tombol BIOS yang tempatnya berbeda-beda setiap jenis laptop. Jika sudah, pilih Integrated Peripheral dengan menggunakan tombol panah lalu Enter.

Kemudian pilih USB Controller dan ubah menjadi Enable, simpan dan keluar dari BIOS. Restart kembali laptop dan cek hardisk. Jika masih belum teratasi lakukan cara selanjutnya. Perlu diketahui bahwa cara kelima dan keenam perlu memformat hardisk.

5. Manajemen Ulang atau Format Hardisk

Caranya, klik Disk pada search di Windows lalu enter. Kotak dialog akan muncul dan pilih Create and Format Hardisk Partition. Pastikan disk yang dipilih sudah online, jika belum klik kanan dan pilih Online. Cara lain ialah ketik diskmgmt.msc pada run dan enter, lalu format. Belum belum bisa lanjut ke delete volume.

Caranya klik pada disk lalu pilih Delete Volume, tunggu beberapa saat jika sudah terhapus buat partisi lagi. Klik kanan dna pilih New Simple Volume, ikuti petunjuk selanjutnya dan pada Format This Volume pilih FAT32.

6. Bersihkan Hardisk Melalui Diskpart

Langkah Memperbaiki hardisk yang tidak terbaca keenam ialah ketik diskpart pada run dan enter. Kotak prompt akan muncul dan ketik list disk. Lihat apakah disk masuk dalam daftar, perhatikan nama dan ukurannya, jika bernama Disk 2 maka ketik select Disk 2, lalu ketik pula Clean dan enter.

Nah, Jadi itulah cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca, artikel ini dapat dijadikan sebuah referensi. Setelah berhasil mengatasi masalah ini sebaiknya kamu merawat hardisk dengan lebih hati-hati. Jangan sembarangan memasang hardisk pada laptop yang bisa saja terkena virus. Selain itu lakukan eject dengan lebih mendalam sehingga ketika dicabut hardisk sudah benar-benar tidak terhubung ke laptop. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar