Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Demi Mengembalikan File Penting di Ponsel

  • Whatsapp
Solusi bila SD card kamu rusah, dunia trilogi
Lakukan Solusi ini bila SD card kamu rusah, Oleh dunia trilogi

DuniaTrilogi – Kehilangan file penting di smartphone tentu saja akan membuat pikiran stress, apalagi jika isinya berkaitan dengan media dokumentasi. Lalu, apakah ada mengatasinya? Jelas ada, oleh karena itu perhatikan artikel singkat tentang cara memperbaiki kartu SD yang rusak demi mengembalikan file penting di ponsel.

Kartu SD pada umumnya berbentuk kecil namun mampu menyimpan puluhan file berukuran cukup besar. Kapasitasnya sendiri terdiri dari bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Harganya juga sangat terjangkau sehingga kehadirannya jelas saja dibutuhkan para pengguna ponsel.

Bacaan Lainnya

Peran kartu Sd memang sangat penting sehingga apabila mengalami kerusakan tentu saja pemiliknya akan kebingungan. Bukan masalah harga yang kadang kala terbilang mahal, akan tetapi kumpulan file yang tidak bisa didapatkan dua kali. Lantas, untuk memperbaiki kartu Sd yang rusak itu bagaimana? simak ulasan singkat di bawah ini:

1. Memasang Kartu SD di Ponsel Lain

Cara memperbaiki kartu Sd yang rusak pertama-tama adalah dengan mencoba memasang di ponsel lain. Upaya ini dilakukan karena biasanya kartu SD yang rusak ditandai dengan tidak terbacanya folder dan disebabkan karena ponsel tersebut sedang mengalami gangguan internet.

Sehingga sebelum melakukan berbagai cara yang intim, sebaiknya coba terlebih dahulu saran dari poin satu ini. Ketika meletakkan kartu Sd di ponsel lain, pastikan juga memasangnya dengan hati-hati, sesuai dengan arah kuningan pada bagian belakangnya.

2. Bersihkan Kuningan Pada Kartu Memori

Setelah memasang kartu SD di ponsel lain namun hasilnya masih tetap sama tidak terbaca maka selanjutnya bersihkan kuningan di bagian belakangnya. Pastikan saat melakukan tahap pada poin nomor dua ini berhati-hati karena apabila sampai terjadi kesalahan maka dapat berakibat fatal dan sampai malah gagal dalam memperbaiki kartu sd yang rusak.

Mula-mula lihatlah ketiga kuningan yang ada di balik kartu Sd, apabila terdapat goresan berwarna hitam atau bintik-bintik halus segera ambil cotton buds. Tetesi ujung cotton buds menggunakan minyak kayu putih atau bensin, sedikit saja. Lalu, usap-usapkan perlahan pada kuningan tersebut sampai warnanya benar-benar mengkilap kembali.

Sebagai peringatan, usahakan agar ujung cotton buds tidak terlalu basah karena apabila minyak kayu putih atau bensin terlalu banyak maka bisa merusak kartu Sd. Jika sudah, keringkan dengan tisu kering secara perlahan, diamkan beberapa saat. Setelah itu coba pasang kembali di ponsel.

3. Cek Error Melalui Laptop Atau PC

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak berikutnya adalah dengan mengecek status errornya melalui laptop atau PC. Sangat disarankan agar meminta tolong kepada teman yang sudah ahli apabila ragu melakukannya sendiri. Namun, bagi yang ingin berusaha mengatasinya sendiri, berikut ini tahap-tahapnya:

  • Masukkan kartu SD ke dalam ponsel
  • Hubungkan ponsel menggunakan kabel USB ke laptop atau PC yang sudah dinyalakan
  • Setelah itu, klik Mass Storage Mode (MSM) pada layar ponsel
  • Klik tombol windows + E pada keyboard laptop
  • Klik kanan pada drive kartu Sd
  • Pilih properties-tools-error checking
  • Tunggu sampai selesai
  • Arahkan kursor menuju drive kartu Sd, lalu klik eject. Setelah itu lepas kabel USB yang menghubungkan laptop dengan ponsel dan nyalakan Hp seperti biasa.

4. Format Kartu Sd Melalui PC Maupun Ponsel

Cara berikutnya yang bisa dicoba untuk memperbaiki kartu SD yang rusak adalah dengan melakukan pemformatan. Upaya ini dapat dilakukan melalui PC maupun ponsel secara langsung. Pasalnya, beberapa orang kerap kali mengalami masalah perihal kartu Sd yang tidak terbaca karena terlalu banyak file ataupun terdapat malware.

5. Scan Kartu Sd Menggunakan Software Anti Malware

Apabila masih ingin berupaya agar file penting di dalam kartu SD yang rusak bisa kembali maka bisa juga dilakukan perbaikan dengan cara menscan nya. Lakukan scan kartu sd menggunakan software anti malware yang ada di laptop atau PC. Biasanya cara ini akan jauh lebih berhasil apabila memang kartu sd terisi virus akibat beberapa file spam.

Itulah kelima cara memperbaiki kartu SD yang rusak demi mengembalikan file penting di ponsel. Terkecuali poin nomor 4 layak dilakukan apabila sudah benar-benar kehilangan harapan daripada harus membeli kartu memori yang baru. Selamat mencoba!. HP kamu kemasukan air? ini solusinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *