Cara menambah Router WiFi Menggunakan Kabel LAN atau UTP

  • Whatsapp
Cara menambah router wifi dengan kabel Lan
Cara menmbah router wifi dengan kabel Lan atau UTP

Dunia Trilogi – Cara menambah router wifi bisa dilakukan dengan Menggunakan Kabel LAN atau UTP. Cara ini berguna ketika seseorang memiliki rumah dengan lebih dari satu lantai. Sementara jaringan wifi di lantai dasar tidak bisa menyentuh wilayah atas. Hal tersebut karena jangkauan router yang berada di lantai satu lemah dan terbatas.

Untuk itu, pengguna membutuhkan router yang nantinya diletakkan di lantai dua. Selain menggunakan router tambahan, sebenarnya pengguna juga bisa menggunakan repeater atau extender untuk memperluas jangkauan wifi. Tetapi artikel kali ini akan membahas mengenai cara menyambungkan dua router dengan bantuan kabel LAN atau UTP. Berikut caranya.

Bacaan Lainnya

1. Pastikan Router yang Digunakan Mendukung Cara Ini

Cara menambah Router WiFi Menggunakan Kabel LAN atau UTP yang pertama yakni pastikan router yang digunakan mendukung untuk disambung dengan router lain. Biasanya ciri dari router yang bisa disambung, terdapat colokan atau port dengan tulisan Internet atau WAN. Port tersebut biasanya berwarna biru.

2. Sambung Kabel UTP atau LAN

Selanjutnya, untuk menghubungkan kedua router, gunakan kabel LAN atau UTP. Untuk router sumber internet, sambungkan ke port dengan tulisan LAN. Sementara untuk router penerima sinyal atau kedua, sambungkan kabel dengan port yang ada tulisan WAN atau internet. Biasanya memiliki warna colokan biru.

3. Cek Settingan atau Pengaturannya

Nah, setelah melakukan dua langkah diatas dan tidak ada kendala, untuk mengatur cara menambah router wifi Menggunakan Kabel LAN atau UTP, pengguna seharusnya bisa menggunakan router kedua. Penting untuk diketahui, jika pengguna memiliki dua router, secara otomatis terdapat dua jaringan wifi yang beda sinyalnya.

Misalnya, jika pengguna berada di lantai satu, pengguna harus mengkoneksikan dengan router yang berada di lantai satu. Sementara jika berada di lantai dua, perlu menyambungkan ke jaringan di lantai dua.

Jika pengguna mendapatkan kendala tidak bisa terhubung ke internet, padahal sinyal kuat. Atau tulisan LIMITED, dimana seharusnya connected, pengguna perlu melakukan cek settingan berikut ini.

a. Koneksikan Komputer / Laptop

Langkah pertama, untuk cara menambah router wifi koneksikan komputer atau laptop dengan router kedua. Untuk menyambungkan dengan internet, pengguna bisa menggunakan wifi atau LAN

b. Cari Tahu IP Addressnya

Selanjutnya, Cara menambah Router WiFi cari tahu ip address dari router kedua. Hal tersebut berfungsi agar pengguna dapat membuka menu pengaturan. Biasanya tulisan IP address serta username dan password ada di bagian bawah router. Jika tidak ada, cobalah untuk membuka buku panduan router.

c. Login ke Pengaturan Router

Setelah itu, buka browser pada komputer, bisa menggunakan chrome maupun firefox. Kemudian masukkan IP address router kedua tersebut. Jika sudah tekan tombol enter.  Biasanya router menggunakan password serta username admin atau user. Jadi user atau admin harus memasukkan data tersebut agar bisa login.

d. Pilih Network Kemudian WAN Only

Lalu, pilih network > pilih internet acces > lalu klik WAN only atau WAN prefered. Terakhir, untuk menyimpan pengaturan, klik save. Menu pengaturan mungkin berbeda tergantung dari jenis router yang digunakan. Tetapi secara umum, cara settingnya sama yakni pertama, koneksikan perangkat ke router.

5. Buka Browser dan Masukkan IP Address

Kedua, buka browser dan masukkan IP address beserta username dan passwordnya. Lalu klik input koneksi internet. Selanjutnya, pilih WAN only atau WAN prefered. Nah, jika sudah melakukan langkah-langkah diatas seharusnya sudah berhasil terkoneksi. Jika belum juga, mungkin kabel LAN atau UTP yang digunakan bermasalah.

Itulah Cara menambah Router WiFi dengan Menggunakan Kabel LAN atau UTP.  Cara diatas akan membantu pengguna memperluas jangkauan wifi yang berasal dari router pertama. Langkah tersebut bukan hanya bisa digunakan untuk dua router, tetapi bisa lebih dari itu. Kabar gembira untuk pengguna android, kamu dapat membobol WiF

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *