Cara mengatasi HP yang Lemot paling ampuh

  • Whatsapp
Cara Mengatasi HP yang lemot dengan Tips Trik dari Dunia Trilogi

Cara mengatasi HP yang Lemot paling ampuh. Apa jadinya HP yang lemot jika lemotnya kelewatan lama dan kelewatan sering? Pasti sangat menjengkelkan tentunya bisa saja kita banting itu HP. Tapia was jangan banting HP bila belum punya uang lebih untuk membeli smartphone baru ya.

Bukankah sangat menyebalkan ketika smartphone yang sering digunakan mendadak lambat tiba-tiba, bahkan tidak bisa berjalan sama sekali? Lagging total. Lalu, bagaimana cara mengatasi HP yang lemot seperti itu agar dapat pulih kembali seperti sedia kala?

Bacaan Lainnya

Ternyata banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas kerja dari smartphone yang digunakan. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena 5 cara berikut ini sangat ampuh untuk meningkatkan kembali kualitas fungsi smartphone:

Atasi HP yang Lemot dengan Cara ini
Atasi HP yang Lemot dengan Cara ini

1. Hapuslah Cache Data Secara Berkala

Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan data yang berlebihan akan menumpuk cache, sehingga membuat fungsi smartphone semakin melambat. Maka, cara mengatasi HP yang lemot dapat dilakukan dengan sering menghapus cache data agar HP dapat terus berjalan secara optimal. Hal ini terjadi mengingat setiap aplikasi memiliki cache ketika kerap kali dibuka.

Cara untuk menghapus cache bisa dilakukan dengan mengunjungi menu “Pengaturan” di smartphone, kemudian pilih menu “Aplikasi”. Setelah itu, pilih aplikasi yang akan dihapus cache datanya, kemudian klik “Bersihkan Cache atau Clear Cache.

2. Membuang Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Faktanya, terlalu banyak aplikasi pada HP dapat membuat fungsi-fungsi di dalamnya semakin lemot. Pasalnya, aplikasi yang terunduh akan memakan ruang penyimpanan internal di HP yang tentu saja akan membuat kerja sistem semakin berat.

Oleh karena itu, Cara Mengatasi HP yang lemot dengan cara mengurangi aplikasi, sangat penting untuk membuang aplikasi yang tidak lagi digunakan atau tidak terlalu penting. Hal ini dapat menambah kapasitas ruang penyimpanan internal di HP dan membuat kerja sistem HP normal kembali.

Setiap Smartphone memiliki aplikasi default dari pabrikan, dan beberapa diantaranya jarang untuk digunakan bahkan tidak pernah digunakan sama sekali, Dunia Trilogi menyarankan untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak terlalu penting dan tidak merusak system bila dihapus.

Untuk menghapus aplikasi system yang tidak terpakai dapat dilakukan dengan cara:

  • Klik Icon aplikasi yang ingin dihapus,
  • Geser ke ikon uninstall yang muncul.

Atau

  • Masuk Pengaturan di Smartphone
  • Pilih menu Aplikasi/App Manager
  • Pilih aplikasi system yang akan dihapus
  • Kemudian Klik Uninstall Pembaruan aplikasi

Jika ingin menhapus aplikasi bawaan biasanya dibutuhkan untuk melakukan rooting pada smartphone atau mengganti ROM dengan Custom ROM yang ada, akan tetapi dengan menghapus pembaruan pada aplikasi system akan mengurangi ukuran berkas dari aplikasi tersebut.

3. Download Aplikasi Pembersih Sampah

Apabila smartphone tidak memiliki aplikasi pembersih sampah bawaan, maka wajib hukumnya untuk mengunduh aplikasi pembersih sampah di Play Store maupun App Store. Aplikasi yang dapat digunakan sangat banyak, namun perlu dipilih aplikasi yang memiliki ukuran kecil tetapi banyak fungsi.

Cara mengatasi HP yang lemot dengan menggunakan aplikasi tambahan dapat menjadi opsi untuk mempercepat smartphone, karena dengan menggunakan aplikasi pembersih sampah akan memudahkan untuk membersihkan data maupun cache yang ada pada Smartphone.

Salah satunya adalah aplikasi Clean Master yang memiliki ukuran kecil, tetapi mempunyai fungsi yang beragam dalam satu aplikasi tersebut. Namun, tidak perlu khawatir karena kebanyakan smartphone saat ini telah dilengkapi oleh fitur pembersih sampah bawaan.

4. Kurangilah Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Cara mengatasi HP yang lemot kali ini dengan mengurangi aktifitas aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang biasanya aplikasi Media Sosial yang membutuhkan untuk aktif setiap saat agar informasi tetap masuk, namun bukan hanya aplikasi Media Sosial yang dapat berjalan di Latar belakang, banyak aplikasi yang membutuhkan pengaturan ini.

Banyak orang sering mengabaikan hal yang dianggap sepele ini, padahal dampaknya dapat langsung berpengaruh ke kerja sistem smartphone. Aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang saat HP tidak digunakan akan memiliki konsumsi RAM yang tinggi, dan mempercepat konsumsi beterai pada smartphone.

RAM yang semakin menipis akan membuat fungsi HP semakin lemot dan biasanya terjadi pada HP yang memiliki RAM 4 GB. Oleh sebab itu, mulai sekarang non-aktifkan aplikasi yang masih berjalan di latar belakang, kecuali aplikasi yang memang diperlukan.

Mengapa penting untuk mengurangi aplikasi yang berjan dilatar belakang? Karena dengan mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang akan mengurangi konsumsi RAM dan Beterai serta mengurangi suhu yang berlebihan.

Untuk me non-aktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, dapat dilakukan seperti berikut:

  • Buka Pengaturan,
  • Pilih Aplikasi dan Izin,
  • Kemudian pilih Pengelola Izin,
  • Buka ‘Mulai Otomatis”,
  • Cari aplikasi yang ingin di hentikan bekerja di latar belakang,
  • Non aktifkan ceklis aplikasi yang aktif.

Cara diatas dicoba pada Smarphone Vivo Z1 Pro.

5. Hentikan Penggunaan Aplikasi yang Mengandung Iklan Berlebihan

Aplikasi yang mengandung banyak iklan sebenarnya berpengaruh pada efektivitas kerja sistem smartphone. Hal ini disebabkan oleh banyaknya iklan dapat mengkonsumsi banyak RAM dan kapasitas ruang penyimpanan di HP.

Maka, mulai saat ini sebaiknya berhentilah menggunakan aplikasi yang mengandung banyak iklan di dalamnya. Karena cara mengatasi HP yang Lemot dapat juga dengan menghapus aplikasi yang memiliki banyak iklan. Gantinya, lebih baik menggunakan aplikasi berbayar dan hal itu dapat mengurangi perlambatan pada smartphone. Namun jika butuh anda dapat mencoba menggunakan aplikasi MOD walaupun tidak terlalu rekomendasi mengenai keamanan pada aplikasi MOD tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi HP yang lemot, yang tentu saja cara tersebut mampu mengembalikan kerja sistem HP seperti sedia kala. Tidak perlu membeli atau mengganti HP lama dengan HP baru, cukup ikuti cara-cara tersebut untuk mengatasi smartphone yang rentan melambat. Adapula lagkah Mengembalikan data Whatsapp yang hilang.

Jangan ragu untuk mencoba, karena cara-cara yang telah disebutkan tidak akan mengubah ataupun malah menghambat fungsi smartphone yang digunakan. Selamat mencoba dan lihat serta buktikan sendiri perubahan pada sistem kerja smartphone! Anda juga dapat membuat CV yang menarik di smartphone.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar