Cara Mengatasi Laptop Not Responding Paling Mudah

  • Whatsapp
Not Responding Dunia Trilogi
Lakukan ini ketika windows kamu not responding

DuniaTilogi.com – Apa jadinya ketika sedang fokus mengerjakan tugas di laptop, nah laptop tersebut malah not responding? Pasti gak enak kebangeta ya!. maka kita perlu Mengatasi Laptop Not Responding dengan cara yang mudah

Hal ini akan sangat meresahkan untuk orang-orang yang membutuhkan dorongan motivasi tinggi sebelum mengerjakan sesatu di laptop, namn apa jadinya ketika not responding tiba-tiba muncul di layar desktop kamu? Apalagi ketika tugas yang kamu kerja belum tersimpan? Hm, pasti sangat-sangat menjegeklan.

Bacaan Lainnya

Laptop yang not responding sering sekali terjadi dan sangat mengganggu. Sebenarnya masalah ini tergolong ringan sehingga cara mengatasinya pun bisa dilakukan secara mandiri atau tanpa perlu tukang service.

Nah. Laptop yang sering not responding bisa terjadi karena beberapa hal seperti; ketika kamu menjalankan program yang di atas kapasitas atau spesifikasi laptop, tentunya ini akan sangat berdampak untuk kesehatan hidup laptop kamu, bila masih dalam kategori sedikit gawat laptop kamu biasanya hanya akan mengalami Not responding ringan, namun bila masuk dalam kategori parah biasanya laptop kamu akan mengalami Not Responding dalam waktu yang lama dan akan memberikan dampak kipas pada laptop akan berjalan dengan keras sampai rasa panas akan dirasakan pengguna. jadi penting untuk dilakukan cara dalam Mengatasi Laptop Not Responding.

Terlalu banyak multitasking juga dapat memberikan dampak yang tidak sehat untuk laptop kamu loh, karen ketika kamu memaksakan kehendak untuk membuka banyak program dalam waktu yang sama, biasanya fungsi laptop akan menurun, dari kipas yang berputar lebih kencang, beterai boros, dan program akan lebih mudah mengalami LAG.

Aplagi ketika laptop kesayangan kamu memiliki banyak virus yang aktif. Hm. Pasti sudah jadi meledak tuh laptop.

Maka dari permasalah tersebut Dunia Trilogi akan memberikan cara mengatasi laptop not responding namun tanpa perlu bimbingan om tukang servis laptop, cukup mengikuti langkah-langkah berikut dengan seksama. Dan Inilah yang paling mudah untuk dilakukan.

Not Responding pada Laptop
Lakukan ini secepat mungkin kalau Not Responding

1. Atur Desktop Menjadi Lebih Sederhana

Langkah pertama Mengatasi Laptop Not Responding – Desktop yang menggunakan banyak icon mapupul latar bergerak membuat laptop bekerja lebih ekstra. Cara paling mudah ialah dengan menghapus semua shortcut yang tidak atau jarang terpakai, hapus icon kalender, jam atau icon lainnya dan hidari untuk menggunakan Wallpaper bergerak, seperti Rain Wallpaper. Karena ini dapat menggunakan daya yang lebih banyak ketika kamu menggunakan laptop. Pastikan kamu cukup menggunakan wallpaper sederhana.

Selain itu, kurangi penggunaan latar bergerak yang menyedot daya dan resource laptop. Desktop ini penggunaan tidak terlalu signifikan sehingga tidak perlu memberikan banyak perlakuan khusus, tampilkan shortcut yang sering digunakan dan gunanya mempermudah dan mempercepat proses.

2. Uninstall Program Tidak Berguna dan Tidak Kompatibel

Setelah menghapus semua tampilan yang tidak direkomendasikan, lanjutkan dengan menghapus program yang tidak berguna untuk Mengatasi Laptop Not Responding. Ketika kamu memiliki banyak program yang terpasang, tentunya akan menggunakan lebih banyak penyimpanan dan resource sehingga laptop bekerja lebih berat. Apalagi ketika beberapa program yang kamu miliki berjalan di latar belakang, jadi kamu cukup menghapus yang tidak kamu perlukan.

Hal yang harus kamu relakan juga berupa uninstall progrma yang tidak kompatibel dengan penggunaan di atas spek laptop, karena hal ini akan memaksakan laptop kamu agar bekerja sesuai standar dari program yang kamu instal.

Jika prgram ini masih dipasang atau bahkan dijalankan hal ini tentunya akan membuat laptop kamu bekerja melebihi kapasitasnya sehingga terjadilah not responding.

3. Kurangi Multitasking

Coba diingat apakah laptop sering mengalami not responding ketika menjalankan lebih dari satu program? Jika iya, itulah penyebabnya laptop macet. Penggunaan lebih dari satu program berat seperti misalnya mengedit design sambil melakukan video call atau bermain game sambil mengedit design harus dihindari agar dapat Mengatasi Laptop Not Responding.

Multitasking boleh saja asal laptop mampu mengatasinya dan bukan termasuk program berkapasitas berat. Karena hal ini tentunya akan memaksakan sistem kerja prosesor yang laptop kamu miliki, ketika prosesor kamu melebihi batas maximal akan membuat laptop kamu not responding dan terasa terbakar.

Kalau kamu tipe orang yang membutuhkan hiburan saat bekerja, kamu dapat melakukan multitaskan berupa; Mendengarkan lagu sambil mengetik, mendesain sambil mendengarkan lagu, karena membuka banyak tipe dokumen merupakan beberapa multitasking yang ringan.

4. Bersihkan Virus

Virus jelas membuat laptop mengalami banyak masalah salah satunya akan mengalami not responding. Malware atau virus ini memakan banyak tempat RAM bahkan menyebabkan tidak tersedianya tempat untuk menjalankan program. Oleh sebabnya laptop tidak merespon apapun kecuali instruksi dari virus jadi penting untuk membersikan virus agar dapat Mengatasi Laptop Not Responding.

Namun hal yang harus kita ketahui bahwa virus itu memiliki banyak jenis dan tipe yang berbeda-beda. Ada yang memiliki sifat memberatkan untuk driver penyimpanan, memanipulasi kinerja laptop agar prosesor lebih bekerja keras, memenuhi kinerja RAM, bahkan ada yang dapat membuat laptop kamu mengetik ngawur.

Jadi segeralah scan laptop menggunakan anti virus terpercaya secara detail bukan fast scanning sehingga benar-benar bersih dari virus. Kamu tentunya dapat menggunakan Windows Security yang ada di Windows, menurut aku antivirus dari Windows ini lumayan memberikan kenyaman dan keamanan untuk menggunakannya, namun pastikan kamu memakai versi terbaru, ya.

5. Install Ulang

Nah, jika cara mengatasi laptop not responding di atas masih kurang mampu mengatasi masalah ini maka masalah bisa terjadi pada Windows atau sistem operasinya. Beberapa riset yang pernah aku lakukan, ada beberapa sistem operasi Windows yang ketika sudah terlalu lama di gerogoti Virus sampai kedalam sistem-sistem terkecilnya, maka kita wajib hukumnya untuk melakukan instalasi ulang. Jika tidak siap-siap laptop kamu jadi penebar virus-virus ke laptop lain.

Hal ini terjadi ketika laptop kamu telah lama tidak mendapatkan perwatan sistem, dan termasuk kategori kondisi buruk final.

Jika sudah pada kondisi ini maka masalah not responding terjadi pada sistem operasi atau Windows. Jadi lakukan install ulang agar laptop benar-benar sehat kembali. Cara ini memang dilakukan paling akhir ya.

6. Gunakan Program yang Sudah Final

Banyak program yang masih di tahap beta atau alpha yang sering membuat bug pada sistem. Oleh karenanya hal ini perlu dihindari dan ketika menginstall program pakailah program versi finalnya saja, karena ini merupakan versi yang lebih aman dan terverifikasi. Program final sudah bebas uji dan telah dirilis secara resmi oleh developer dan direkomendasikan untuk dipakai.

Kita harus mengerti bahwa menggunakan program yang versi tertinggi merupakan sebuah kesenangan tersendiri, namun ketika kita menggunakan program yang belum stabil tentunya akan memunulkan bug-bug yang mempengaruhi sistem operasi. Akan tetapi hal ini akan mebuat devloper dapat melakukan perbaikan kepada programnya, jadi sederhananya ketika kamu menggunakan prgoram beta, kamu akan dijadikan sebagai bahan uji coba sebelum perilisan. Kan gawat, hehe.

Keenam cara di atas tergolong mudah dan aman sehingga perlu dicoba terlebih dahulu sebelum ganti laptop atau cara lainnya. Intinya laptop yang not responding umumnya terjadi karena bekerja terlalu keras di atas kapasitasnya.

Oleh karena itu cara mengatasi laptop not responding di atas lebih ke arah membuat laptop bekerja sesuai kemampuannya. Namun, jangan khawatir jika ingin laptop memiliki kapasitas lebih bisa menambah RAM atau mengganti harddisk ke SSD. Sudah tau belum perbedaan Hardisk dengan SSD? SSD Lebih kenceng loh, yuk coba cari tahu perbedaanya di –Sini (Jalur Tekno). atau Ini dia Keunggulan SSD untuk Penyimpanan Internal Laptop Tersayang Anda | Jalur Tekno (jalur-tekno.blogspot.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Komentar

  1. Sering banget sih bang terjadi not responding gini saat sedang di gunakan,

    Hehe, jadi setelah baca artikel ini, jadi tau harus gimana ngatasinya, makasi ya bang solusinya