Cara mengatasi Mouse bergerak sendiri pada layar laptop/PC

  • Whatsapp
Atasi mouse yang tidak berfungsi
Atasi mouse yang tidak berfungsi, ini dia solusinya - Dunia Trilogi

Cara mengatasi Mouse yang bergerak sendiri.

DuniaTriLogi.com – Laptop maupun komputer saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan yang wajib untuk dimiliki dan untuk siapa saja. Laptop tentunya dapat mempermudah sebuah pekerjaan kita bila itu berhubungan dengan kegiatan elektronik. Misalnya saja ketika kita ingin melakukan editing video, tentunya untuk mengedit video pada ponsel, kita dapat melakukannya, namun alangkah lebih cepatnya pekerjaan kita bila dapat dikerjakan dengan layar yang lebih besar dan performa yang lebih menjaminkan.

Bacaan Lainnya

Laptop merupakan perangkat komputer yang memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dan kompleks dari pada sebuah komputer, maka dari itu laptop memiliki persamaan kata komputer jinjing. Laptop ini tentunya sangat elegan dan mudah untuk digunakan dimana saja, dengan komponen yang hampir memadai semua komputer, yang komponennya berupa: cpu, monitor, hardrive pendukung, keyboard, bahkan mouse yang biasanya terletak pada sisi bawah keyboard.

Ditengah ke kompleksitas dari komponen-komponen yang menjadikan laptop lebih mudah dan sederhana untuk digunakan dimana saja dan kapan saja, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang beralih dari user komputer menjadi pengguna laptop. Penting untuk mengetahui dan mengatasi Mouse yang bergerak sendiri.

Kelebihan dari laptop sendiri yaitu, karena bersifat portabel dengan komponen yang hampir serupa denga komputer menjadikan laptop dapat digunakan dimana saja, memiliki baterei yang mendukung untuk digunakan tanpa perlu mencari colokan, dilengkapi keyboard, dan mouse, jadi tidak wajib untuk membeli komponen luar, tentunya masih banyak kelebihan lainnya.

Kekurangan, berbicara kekurangan laptop sebenarnya menjadi relatif, ketika kamu memiliki laptop dengan spesifikasi yang tinggi tentunya akan jauh dari kata kekurangan. Akibat hal demikian kita membahas secara general. Kekurangan dari laptop, ketika ada komponen yang rusak, akan sulit untuk menggantinya, dan laptop biasanya lebih mudah lecet ketika sang pemilik tidak dapat merawat dengan hati-hati.

Laptop tentunya dapat kita gunakan dimana saja tanpa komponen tambahan berupa keyboard dan mouse, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Nah, ada pertanyaan yang muncul, apakah laptop lebih minim kerusakan daripada komputer? Jawaban dari aku sih, relatif, kalau laptop dirawat dengan baik seperti komputer, pasti akan sama-sama tahan. Apalagi harus diperhatikan komponen dalam yang harus diganti.

Namun, ditengah perjalanan akan menjadi menyebalkan karena tiba-tiba kursor bergerak dengan sendirinya ke segala arah. Alias bergerak tidak menentu dan tidak bisa dikendalikan lagi menggunakan mouse. Dalam menggunakan laptop-komputer, kamu pernah tidak mengalami hal tersebut? Hal ini biasanya terjadi pada laptop-laptop yang telah di install ulang. Namun apapun alasan dari kerusakan tersebut akan tetap menjadi sebuah permasalahan yang menjengkelkan!.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai cara mengatasi mouse bergerak sendiri pada layar laptop atau komputer. Sehingga, pekerjaan akan cepat untuk dilanjut dan terselesaikan tepat waktu. Pastikan mengikuti langkah-langkah berikut, yah!.

1. Install Driver Mouse Atau Touchpad Bawaan Dari Laptop/Komputer

Seringnya terjadi masalah kursor yang berpindah sendiri dapat diatasi dengan langkah awal mengganti driver pada laptop/komputer, dengan menginstall driver mouse atau touchpad bawaan atau aslinya. Panduannya :

  1. Buka Setting pada perangkat yang digunakan,
  2. Pilih menu Apps (Windows 10)
  3. Cari program toucpad pada perangkat kamu,
  4. Klik uninstall, dan next sampai selesai.

Cara lain menghapus program, kamu dapat mengikuti langkah berikut :

  1. Buka My Computer,
  2. Klik tab Computer,
  3. Lalu cari menu yang bertuliskan “Uninstall or change a program
  4. Cari program toucpad pada perangkat kamu,
  5. Klik uninstall, dan next sampai selesai.

Lalu, Download dahulu drivernya melalui website sesuai dengan merk laptop yang dimiliki. Dengan kata kunci pencarian touchpad driver atau hotkey driver kemudian install dan aktifkan drivernya pada laptop.

2. Mouse Atau Touchpad Sensitivitasnya Terlalu Tinggi

Sensitivitas touchpad yang terlalu tinggi juga bisa menjadi salah satu masalah kursor yang tiba-tiba bergerak sendiri. Bisa jadi karena tidak sengaja touchpad atau mouse tersebut tersentuh ketika sedang mengetik atau sedang ada gerakan di sekitar touchpad.

Salah satu cara mengatasi mouse bergerak sendiri pada layar laptop atau komputer yang terjadi pada masalah ini sangat mudah. Untuk mengatuk sensitivitas dapat dilakukan dengan cara :

  1. Buka Settings (pengaturan)
  2. Cari menu denga tulisan “Ease of Access
  3. Scroll sampai menemukan pengaturan MouseMouse Pointer
  4. Turunkan mode kecepatannya menjadi yang sedang maupun rendah untuk menghindari mouse bergerak sendiri secara tiba-tiba. (Windows 7-8.1)
  5. Pada Windows 10, :
    1. Pilih Additional Mouse Settings dibawah tulisan “Related Settings

Nah, silahkan sesuaikan dengan pengaturan sensivitas mouse yang dapat memudahkan kamu untuk menggunakan laptop atau komputer.

3. Update Atau Install Ulang Driver Mouse/Touchpad

Cara mengatasi Mouse bergerak sendiri dengan memperhatikan kursor pada laptop masih suka berpindah-pindah sendiri. Bisa jadi driver mouseatau touchpad meminta untuk di update ke versi yang lebih baru. Pastikan selalu bahwa driver touchpad yang telah terinstall tidak meminta mengupdate kalau sudah waktunya update segera untuk mengupdate.

Tujuan tersebut untuk menghindari berbagai permasalahan-permasalahan lain yang dapat muncul. Karena tidak segera untuk di update atau diperbarui ke versi yang lebih baik. Dengan begitu tidak akan menghambat pekerjaan bukan sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

4. Sensor Pada Mouse Sulit Bekerja

Ini kebalikan dari sensitivitas yang terlalu tinggi pada mouse ataupun touchpad. Yang dapat mengakibatkan kursor bergerak-gerak sendiri pada layar laptop. Masalahnya ini lebih kepada sensor pada mouse sulit untuk bekerja. Banyak penyebab yang melatarbelakangi masalah ini.

Salah satunya ialah ketika menggunakan mouse tambahan yang bukan bagian dari laptop ini alasnya tidak dapat. Sehingga kursor sulit untuk dikendalikan bahkan tidak jarang terpencet apa yang tidak seharusnya dipencet atau dibuka. Solusinya carilah alas yang datar terlebih dahulu untuk memudahkan sensornya bekerja dengan baik.

Note: Cara ini merupakan cara untuk penggunaan mouse external ya!. dengan demikian kita dapat mengatasi Mouse bergerak sendiri.

5. Mouse Ataupun Touchpad Memiliki Masalah

Nah salah satu alasan mengapa kursor bergerak sendiri tidak hanya yang sudah dijelaskan diatas. Mouse ataupun touchpad yang rusak atau memiliki masalah dapat juga membuat kursor bergerak-gerak sendiri. Untuk mengatasi Mouse bergerak sendiri Pastikan pada mouse atau touchpad tidak ada kotoran yang dapat menghambat fungsi untuk menggerakkan kursor pada layar.

Jika kamu menggunakan Laptop dan telah melalui cara diatas, langkah terakhir yang harus kamu lakukan ialah, dengan cara membuka kasing belakang laptop kamu, kemudian bershikan dari segala kotoran yang ada. Bahkan coba perhatikan pinggiran dari touchpad laptop kamu, jangan sampai ada sesuatu yang menjanggalnya.

Atau bahkan ada tetesan air yang tidak sengaja menetes pada touchpad. Sehingga rajin-rajin untuk memastikan bahwa touchpad bersih dan tidak ada kotoran yang menghambat kelancaran fungsinya. Bahkan bisa menimbulkan kerusakan yang sangat serius sehingga harus mengganti bagian-bagian tertentu sangat disayangkan.

Begitulah beberapa cara mengatasi mouse bergerak sendiri pada layar laptop atau komputer. Usahakan untuk tetap mengecek kebersihan peralatan elektronik, seperti laptop dan komputer ataupun aksesoris tambahan, seperti mouse. Untuk menghindari permasalahan yang tidak diinginkan yang berasal dari hal-hal kecil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *