Cara mengatasi Windows Update Error di Windows 10

  • Whatsapp
Mengatasi Windows Update Error di WIndows 10
Cara Mengatasi Windows Update Error di WIndows 10

Cara mengatasi Windows Update Error pada Windows 10 dengan mudah. Mengatasi Error yang terjadi pada Sistem Operasi Windows 10 pada saat sedang proses Update dapat menyebabkan kerusakan perangkat driver yang mengalami corrupt saat sedang proses pengunduhan berkas penting pembaharuan sistem.

Saat ini Windows 10 menjadi sistem operasi yang banyak digunakan baik untuk keperluan kantor maupun rumah. Karena fitur yang di emban dari Windows ini sangat mudah untuk dijalankan oleh siapa saja serta mudah untuk di pelajari.

Bacaan Lainnya

Windows 10 ini merupakan Sistem Operasi resmi yang di miliki oleh Mirosoft, berbeda dari seri-seri Windows sebelumnya. Windows 10 ini memiliki tampilan yang bisa dikatakan penggabungan dari Windows 7, 8.1 Menjadi Windows yang lebih elegan, dan ringan untuk dijalankan di banyak laptop yang ada. Sedangkan untuk mengatasi Laptop lemot Windows 10 dapat dilakukan dengan membersihkan cache.

Namun berdasarkan ulasan pengguna, terkadang dalam penggunaannya muncul berbagai masalah yang tentunya cukup mengganggu. Salah satunya adalah masalah Windows Update Error. Windows yang mengalami error pada saat updating tentunya memberikan kekhawatiran yang cukup merisaukan batin. Karena updating memiliki tujuan tertentu, seperti memperbarui program yang ada, meningkatkan kualitas dari Sistem Operasi dan masih banyak manfaat lainnya untuk mengupdate sebuah perangkat operasi. Padahal fitur Windows Update ini cukup penting. Jika mengalaminya, jangan khawatir ada cara mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10.

Penyebab Windows Update Error pada Windows 10

Cara mengatasi Windows gagal update
Cara mengatasi Windows gagal update

Sebelum mengetahui cara mengatasi Windows Update Error pada Windows 10, ada baiknya jika mengetahui dahulu penyebab kenapa Windows Update pada windows 10 bisa error. Berdasarkan alasan, banyak penyebab perangkat komputer tidak dapat memperbarui Windows. Contohnya, proses penginstalan yang tak berjalan, pengunduhan program tidak berjalan, proses download berkas stuck, dan terbilang tak berhasil setelah selesai me-restart laptop/komputer, serta loading tanpa berujung kadang terjadi bila mengalami Windows Update Error. Permasalahan tersebut memang lumrah terjadi.

Namun, sebelum memulai penginstalan, jangan lupa membuat cadangan files agar tak ada hal penting terhapus saat memperbarui. Ada banyak siasat menyimpan cadangan files. Salah satunya dapat melalui OneDrive. Fitur tersebut memberikan kesempatan untuk back up dokumen, foto, serta desktop folders agar bisa dilakukan restore bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengembalikan data-data yang ada.

Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10

Sebelum membahas lebih lanjut, pastikan perangkat terhubung ke aliran listrik sebelum proses pembaharuan software dilakukan. Agar mengurangi resiko laptop mati saat sedang menginstall pembaruan. Selain itu, cek bagian koneksi untuk memastikan perangkat telah mendapat akses internet. Bisa juga mengecek kecepatan internet terebih dahulu agar dapat memastikan masalahnya bukan pada jaringan internet. Setelah semua dikira aman, ikuti cara mengatasi update error di Windows 10 ini:

1. Hold Power OFF

Jika sedang terjadi pada Laptop atau komputer yang sementara updating dalam mode restart dan prosesnya stuk, Cara mengatasi Windows Update Error pada saat ini, iyalah dengan menekan Tombol Off sampai perangkat benar-benar dipastikan mati.

Cara ini merupakan cara paksa bila sedang mengalami pembaruan secara tiba-tiba ditempat yang tidak tepat.

2. Me-restart Perangkat

Langkah ke dua Cara Mengatasi Windows Update Error dengan cara mudah nan super simple dalam mengatasi masalah memperbaharui software yaitu dengan restart laptop atau komputer terlebih dahulu. Langkah-langkah yang diperlukan hanya membuka fitur Start lalu tekan Opsi, lalu pilih tulisan Restart. Tunggu beberapa saat hingga komputer menyala kembali. Setelah itu, barulah coba mengulang memperbarui software.

Jangan remehkan cara ini, karena dengan me-restart perangkat sistem operasi akan memuat ulang seluruh program yang ada untuk mengurangi terjadinya error pada saat updating Windows 10. Bisa saja sebelum restart perangkat terbuka aplikasi yang menggagalkan pembaruan karena tidak kompatibel.

3. Stop Pembaruan Sementara

Ada siasat lain jika me-restart perangkat tidak kunjung berhasil. Rupanya, menjeda lalu melanjutkan pengunduhan Windows dapat menjadi alternatif mengatasi Windows Update Error yang menjadi masalah. Tata cara yang bisa dilakukan yaitu:

  • Membuka bagian pengaturan.
  • Tekan Perbarui dan Keamanan.
  • Klik tulisan Jeda selama 7 hari.
  • Mulai ulang komputer.
  • Ulangi proses poin pertama dan kedua.
  • Tekan tombol Lanjutkan.
  • Cek pembaruan lagi untuk memastikan masalah sudah teratasi.

4. Menonaktifkan Update Service

Kegunaan Service di Windows yaitu agar bisa mengaktifkan pembaharuan secara otomatis di dalam sistem jadi langkah ini dapat digunakan untuk mengatasi Winodws Update Error. Prinsipnya, data tertera di sistem yang terlalu lawas akan diperbarui ke versi paling terkini. Fitur ini memang menjadi kendala karena menyebabkan sistem bermasalah saat penginstalan sedang berjalan.

Langkah-langkah menonaktifkan Update Service:

  • Menekan Windows+R agar dialihkan ke bagian Run. Kemudian, ketik “services.msc” lalu pilih OK.
  • Setelah muncul jendela baru, scroll sampai bertemu tulisan Windows Update, klik kanan kursor, pilih bagian stop.
  • Setelah berhasil, coba ulang unduh software terbaru.

4. Gunakan fitur Troubleshooter

Jika permasalahan Mengatasi Windows Update Error belum-belum bisa teratasi, tombol Troubleshooter adalah kuncinya. Memang waktu diperlukan untuk menginstal pembaharuan tergantung kecepatan koneksi, pengaturan jaringan, serta ukuran pembaharuan.

Jika penginstalan tetap macet serta menemui pembaruan tidak berhasil terus, maka perlu mengklik tombol Troubleshooter. Windows resmi akan memberikan pertolongan saat permasalahan pengunduhan software tersebut terjadi.

Dalam menghindari trouble selama metode pengunduhan berlangsung, lebih baik untuk tak menutup paksa laptop. Pemaksaan seperti itu disaat software sedang bekerja keras mengunduh lama-kelamaan dapat merusak komputer. Apalagi jika komputer tersebut tanpa dilengkapi dengan sistem pendingin tambahan.

5. Membersihkan Berkas Update Windows terakhir

Langkah akhir ketika Cara Mengatasi Windows Update Error pada Windows 10 yang belum kunjung berhasil, yaitu dengan cara membersihkan berkas Update Windows yang terakhir untuk menghapus berkas-berkas yang corrupt pada saat pengunduhan sebelum-sebelumnya.

Untuk membershikan berkas unduhan update windows, dapat dilakukan melalu Safe Mode. Mode aman atau dikenalnya Safe Mode sangat membantu untuk menghapus berkas yang sedang berjalan dilatar belakang sistem operasi. Dalam mode ini akan banyak aplikasi yang tidak berjalan, karena mode safe ini tidak mengaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak menopang untuk beroperasinya Windows.

Nah, untuk menghapus berkas Update Windows terakhir, pastikan masuk kemode Safe terlebih dahulu, lalu, masuk pada setinggan Control Panel, lalu klik Uninstal a Program, dan pilih menu View Installed Update. Pada menu ini silahkan pilih update terakhir yang mengalami Windows Update Error saat updating, lalu klik uninstall.

Setelah menghapus berkas Update Windows pada mode safe, langkah berikutnya iyalah, restart komputer atau laptop, kemudian lakukan update ulang dengan memastikan koneksi internet lancar.

Itulah beberapa paparan cara mengatasi Windows Update error pada Windows 10. Bagi para pengguna Windows 10, perkara seperti di atas memang lumrah terjadi. Tips diatas dapat berguna dalam memperbaiki kegagalan agar proses pembaharuan software bisa selesai. Baca juga Cara mengatasi komputer yang restart sendiri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *