Cara mengecek Denda Pajak Motor Online

  • Whatsapp
Cara mengecek denda motor dengan online
Cara mengecek denda motor dengan online

Sering lupa jatuh tempo pajak kendaraan? Meskipun tanggal jatuh tempo sudah tertera di STNK (surat tanda kendaraan bermotor) tetap saja masih ada pemilik kendaraan yang tidak membayar tepat waktu sehingga dikenakan sanksi berupa denda. Namun bagi yang merasa malas dan tidak waktu untuk datang langsung ke samsat kini ada cara mengecek denda pajak motor secara online yang bisa dilakukan melalui gawai masing masing, seperti:

1. Melalui Situs Samsat

Beragam layanan dapat digunakan untuk mengakses pajak online, salah satunya melalui situs samsat online. Hal ini lebih memudahkan dan efisien waktu daripada harus antri di samsat terutama di era pandemi seperti ini yang harus menghindarkan diri dari kerumunan.

Bacaan Lainnya

Cara mengecek denda pajak motor online melalui situs samsat dapat dilakukan dengan membuka situs samsat provinsi masing-masing. Langkah ini sangat mudah digunakan. Namun layanan online ini masih terbatas hanya tersedia di beberapa wilayah saja, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau.

2. Melalui SMS

Layanan lain yang bisa digunakan untuk Mengecek Denda pajak Motor Online adalah melalui SMS. Layanan yang satu ini juga belum tersedia untuk semua provinsi di indonesia. Untuk saat ini baru 3 provinsi yang bisa melakukan cek pajak melalui sms yaitu provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur. Format pengecekan yang dapat dilakukan hampir sama yaitu dengan mengetik kode tertentu spasi nomor plat kendaraan.

Sebagai contoh untuk provinsi DKI Jakarta dapat dilakukan dengan mengetik METRO B2379CF lalu kirim ke 17 17. Selain cara itu khusus untuk DKI Jakarta bisa juga melalui layanan *368#. Sedangkan untuk Jawa Barat ketik poldajbr Z6259TY lalu kirim ke 3977. Dan untuk Jawa Timur, JATIM AE3457LB kirim ke 7070.

3. Melalui Aplikasi Samsat Online Nasional

Pengecekan pajak melalui aplikasi samsat online ini lebih lengkap karena di dalam aplikasi tersebut banyak menu yang bisa dipilih seperti menu pendaftaran, info progress, info pajak, E-TBPKB, E-pengesahan STNK, pindah bukti, pengaduan dan panduan.

Cara mengecek denda pajak motor online melalui aplikasi ini sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di playstore, lalu masuk pada menu pendaftaran dan mengikuti instruksi yang ada. Setelah mengisi semua formulir yang ada maka akan muncul jumlah besaran pajak serta jatuh tempo pajak dan STNK.

Selain untuk mendapatkan informasi terkait pajak, melalui aplikasi ini juga pengguna dapat melakukan pembayaran secara online. Setelah muncul informasi nilai pajak yang harus dibayarkan lalu tekan tombol lanjutkan dan sistem akan memproses data selama kurang lebih satu menit. Selanjutnya, setelah klik setuju maka akan muncul kode bayar yang dapat dibayarkan melalui bank kerjasama dengan samsat online. Namun setelah pembayaran online pengguna tetap wajib mengesahkan STNK dengan datang langsung ke samsat dalam tempo 30 hari.

4. Melalui Situs Pihak Ketiga

Berbeda dengan layanan sebelumnya yang disediakan pemerintah, ada juga situs pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengakses cek pajak online yaitu situs cekpajak.com. Melalui situs ini cara mengecek denda pajak motor online jadi lebih mudah, cukup memasukkan informasi kendaraan serta provinsi kemudian tunggu sistem memproses informasi.

Membayar pajak wajib hukumnya bagi pemilik kendaraan bermotor yang dilakukan bersama dengan berakhirnya masa aktif STNK (surat tanda kendaraan bermotor). Kelalaian dalam membayar pajak bisa menyebabkan denda pajak melambung tinggi. Meski demikian seiring dengan berkembangnya internet, cara mengecek denda pajak motor online dapat menjadi alternatif agar tak lagi lupa membayar pajak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *