Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

  • Whatsapp
mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows
mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows

Mengembalikan File yang Terhapus Permanen – Saat menggunakan laptop, terkadang tidak sengaja menghapus sebuah file atau folder yang tersimpan. Keadaan ini tentu akan menimbulkan kepanikan, terlebih jika file tersebut merupakan file penting yang harus digunakan segera. Dalam keadaan genting seperti ini Cara termudah jika file terhapus adalah dengan merecoverynya melalui Recycle Bin. Cukup dengan mencari file terhapus di Recycle Bin, lalu klik restore. Maka file tersebut akan kembali ke tempat penyimpanan semula.

Bagaimana Bila File sudah hilang di Recyle Bin?

Pasti Gawat jika file tersebut sudah terhapus secara permanen di Recycle Bin? tentunya bisa bikin pusing sampe mau mukul si laptop tentunya. Namun, Jangan panik! Berikut 5 cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 yang dapat dilakukan dengan mudah:

Bacaan Lainnya

Cara Mengatasi File yang Hilang Permanen:

1. Menggunakan Backup dan Restore

Cara ini dapat mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 tanpa menggunakan software. Gunakanlah aplikasi bawaan laptop, yaitu Backup dan Restore. Aktifkanlah fitur Backup dengan menekan tombol Start, lalu pilih Pengaturan. Kemudian pilih menu Cadangan, Tambah Drive, dan pilih Drive Eksternal atau lokasi jaringan untuk cadangan. Ketik “pulihkan file” di kotak pencarian, lalu pulihkan file dengan “Riwayat File”. Apabila ingin menyimpannya ke tempat lain, tekan dan tahan (atau klik kanan), Pulihkan, Pulihkan ke, dan pilih lokasi penyimpanan yang baru.

2. Mengembalikan File dengan CMD

Penggunaan fitur CMD juga dapat mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen. CMD (Command Prompt) dapat diakses dengan mengklik tombol search, lalu ketik cmd pada search bar. Klik kanan pada Command Prompt, lalu pilih Run as administrator. Apabila sudah berada di Command Prompt, ketik chkdsk X:/f. Gantilah X dengan nama drive dari file yang terhapus. Kemudian ketik ATTRIB –H –R –S /S /D X:*.*. Ganti juga X dengan nama drive. Selanjutnya, recovery file yang terhapus akan berlangsung.

3. Menggunakan File History

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 selanjutnya adalah dengan fitur File History. Cara ini dapat dilakukan untuk mencegah hilangnya file. Langkah pertama adalah dengan membuka menu Settings, Update & Security, lalu klik Backup dan Add a drive. Selanjutnya akan muncul daftar partisi hard drive atau penyimpanan eksternal yang bisa digunakan untuk menyimpan backup. Klik partisi atau hard drive eksternal yang akan dipilih. Klik Automatically backup my files jika ingin melakukan backup secara berkala.

4. Menggunakan Metode Restore Previous Versions

Cara ini dapat digunakan setelah mengaktifkan fitur File History. Setelah itu, masuklah ke folder tempat file yang terhapus disimpan. Klik kanan folder tersebut, lalu pilih opsi Restore Previous Version. Selanjutnya akan muncul daftar yang berisi berbagai versi file atau folder. Pilih versi terbaru, lalu klik Restore untuk mengembalikan file yang telah terhapus secara permanen.

5. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Unduh dan instal aplikasi  EaseUS Data Recovery Wizard dari laptop. Jalankan aplikasi dengan memilih lokasi file yang terhapus. Klik lokasi tersebut, lalu pilih opsi Scan. Aplikasi ini akan secara otomatis memindai lokasi yang dipilih dan memunculkan hasil pemindaian di bagian Deleted files. Pilih file yang akan dikembalikan, lalu klik Recover untuk menyimpannya di lokasi yang baru. Klik OK untuk menyelesaikan proses.

Rekomendasi Backup file online

Begitu bahaya untuk menyepelekan menghapus berkas yang bersifat administrasi dalam PC maupun Laptop bila itu merupakan kelengkapan data yang akan digunakan kelak. Saran kami, seringlah membackup data penting di Drive-Drive yang ada di media online agar memudahkan untuk mencari berkas yang dibutuhkan tanpa perlu membuka laptop bila sedang berada diluar rumah.

Berikut beberapa tempat rekomendasi untuk menyimpan berkas di internet.

1. Google Drive

Media pencadangan berkas pertama iyalah, Google Drive. Google Drive tentunya dikenal hampir seluruh pengguna Smartphone maupun laptop, karen Google memberikan layanan yang cukup kompleks dari media yang dapat menerima email yang disebut Gmail, Google Book, Google Drive dan masih banyak lagi. Namun, untuk menyimpan berkas yang dapat diakses kapan saja dengan cukup memiliki akses internet kita dapat menggunakan Google Drive. Google Drive ini dapat kita gunakan untuk menyimpan berkas secara online dan Google Memberikan kapasitas 15 GB untuk seluruh pengguna Gmail dan kapasitas dapat di tingkatkan sesuai kebutuhan, 15GB-2TB.

2. MEGA

Mega.io ini juga merupakan situs yang dapat digunakan untuk menyimpan berkas dalam jumlah yang banyak. Penggunaanya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuat akun dan mengomfirmasi ulang kemudian Mega.io dapat digunakan sepenuhnya. Mega.io ini juga memberikan kapasitas gratis yang lumayan banyak dan dapat ditingkatkan jika membutuhkan ruang yang lebih banyak lagi.

3. Zippyshare

Zippyshare juga menjadi opsti untuk menyimpan berkas di internet dengan mudah, pada situs ini kita dapat menyimpan berkas secara cuman-cuman dengan hanya perlu mengupload file yang kita miliki dan bisa tanpa memiliki akun, akan tetapi lebih disarankan untuk terlebih dahulu memiliki akun Zippyshare agar link-link berkas yang telah di upload tidak hilang.

Itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah serta Situs Rekomendasi Backup online berkas pribadi untuk membackup data agar tidak hilang bila laptop atau PC mengalami kerusakan. Aplikasi PDF. Sebagai pencegahan, lakukanlah backup file penting secara rutin di Hardrive maupun drive online untuk mengantisipasi terhapusnya file secara tidak sengaja. Namun, jika dalam keadaan tertentu file penting tersebut terhapus secara permanen, lakukanlah 5 cara di atas untuk memulihkannya. Pastikan juga bahwa cara pemulihan file yang dilakukan aman untuk laptop dan tidak menimbulkan dampak negatif pada laptop dan file lain yang tersimpan. Nah bagaimana cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen? Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *