Cara menghapus cache di laptop dengan 5 langkah Maksimal

  • Whatsapp
cara menghapus cache yang menumpuk di PC/Laptop
cara menghapus cache yang menumpuk di PC/Laptop dengan mudah | Dunia Trilogi

Sebuah cara optimal menghapus cache di laptop yang melekat pada drive dengan mudah, agar pemakaian laptop lebih optimal dan tentunya harus dilakukan, agar memberikan ruang lebih untuk hardisk dan mengoptimalkan kinerja PC/Laptop. agar kamu dapat menggunakan laptop secara maksimal.

Cache merupakan penyimpanan data sementara dalam sistem internal perangkat laptop, dengan tujuan agar kinerja prosesor menjadi lebih cepat karena memudahkan mengakses settings yang tersimpan pada suatu program. Adanya Cache ini akan memudahkan penggunanya untuk mengakses dengan cepat halaman suatu blog atau situs, karena file tersebut merupakan file riwayat yang tersimpan secara otomatis pada setiap software yang ada.

Bacaan Lainnya

Tetapi, jika Cache dibiarkan menumpuk dalam penyimpanan internal justru akan memperlambat kinerjanya. Hal ini terjadi bila file Cache sudah terlalu banyak dan menciptakan dumb akibat itu file sendiri. Maka, diperlukan cara menghapusnya di laptop agar kinerja perangkat tersebut kembali maksimal seperti seharusnya.

Tumpukan berkas yang terlalu banyak dalam memori internal akan sangat mengganggu performa dari perangkat laptop. Sehingga kinerja laptop menjadi lambat ketika digunakan untuk dioperasikan. Maka dari itu, kamu harus membersihkannya secara berkala. Nah! untuk cara Menghapus cache di laptop dengan  mudah dapat dilakukan langkah-langkah berikut:

1. Fitur Run

Cara menghapus Cache di laptop yang pertama dilakukan dengan fitur run atau tanpa menggunakan software sama sekali. Dengan fitur ini pengguna dapat menghapus dengan sederhana dan efisien, cukup masuk ke dalam folder temporary Windows. Untuk lebih jelasnya penggunaan fitur run dijabarkan sebagaimana berikut:

  • Pastikan desktop pada pada perangkat laptop dalam keadaan terbuka (aktif) terlebih dahulu.
  • Klik kombinasi tombol shortcut Windows+R, atau klik start dan ketik Run, kemudian ketik Temp.
  • Kemudian ketik %Temp% lalu tekan enter.
  • Setelah kedua folder temporary Temp dan %Temp% terbuka, pilih seluruh file atau folder sementara yang hendak dihapus.
  • Kemudian hapus secara permanen, dengan cara menekan Shift+Delete, lalu yes. Maka, laptop tersebut selesai dibersihkan.

2. Windows Disk Cleanup

Membersihkan atau Menghapus cache di laptop dapat juga dilakukan dengan menggunakan program default pada PC/Laptop. Pada Operasi Sistem Windows kita dapat menggunakan Program Windows Disk Cleanup yang merupakan program bawaan yang dapat dijadikan alat menghapus di laptop. Hampir mirip dengan fungsi fitur Run, nah, untuk menghapus cache menggunakan program Windows Disk Cleanup ini, maka beberapa langkah yang digunakan untuk membersihkan Cache antara lain:

  • Buka layar desktop pada perangkat laptop terlebih dahulu.
  • Klik Start, pilih Program > Accessories > System-Tool > Disk-Cleanup. Atau klik Start > Disk Cleanup dan enter.
  • Pilih lokasi disk atau drive yang hendak dibersihkan dan klik ok (baiknya jika membersihakan seluruh drive yang ada, agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.
  • Tunggu beberapa saat, hingga pembersihan selesai.

3. CCleaner

CCleaner merupakan program yang sering dimanfaatkan para pengguna perangkat laptop karena dapat menghapus cache. Pasalnya Program CCleaner ini bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk membersihkan Cache, tetapi juga dapat membersihkan history, cookies dan berkas-berkas lain sebagainya. Jika kamu memilih untuk menggunakan program ini, kamu dapat mengikuti beberapa langkah membersihkan Cache dengan program CCleaner berikut, antara lain:

  • Install terlebih dahulu program CCleaner pada perangkat laptop dengan mengunduh di https://www.ccleaner.com/
  • Buka dan jalankan program CCleaner dan pilih analyze, tunggu hingga selesai men scanning.
  • Setelah hasil scan berupa sejumlah file sampah yang tidak berguna, pilih clean-all.

4. Windows-10 Update

Untuk pengguna perangkat laptop dengan Sistem Operasi (OS) Windows10, kamu dapat menghapus Cache dengan menggunakan Windows-10 Update degan mudah. Sehingga performa laptop tersebut menjadi ringan dan tidak lemot lagi. Beberapa langkah membersihkan Cache dengan Windows-10 Update, antara lain:

  • Untuk itu klik menu setting dan masuk ke dalam storage
  • Lanjutkan masuk menu storage-sense, lanjutkan dengan menggeser slider dan masuk ke dalam mode ON.
  • Pilih menu change-how-free-up-space dan tekan klik.
  • Selanjutnya pilih disk atau drive yang akan dihapus dan tekan enter.
  • Penghapusan selesai dilakukan.

5. Google Chrome

Bila dibaca “Membersihkan Cache menggunakan Google Chrome” tentunya dapat membuat alis sebelah terangkat, mengingat Google Chrome merupakan program browsing yang kita ketahui bersama, digunakan untuk berselancar di dunia maya. Akan tetapi Google Chrome sebagai software browsing memiliki banyak cache, history penjelajahan, cooky didalamnya, maka penting untuk menghapus berkas tersebut menggunakan pogram Google Chrome itu sendiri.

Meskipun keberadaannya di perangkat laptop tidak banyak mengganggu. Namun pembersihan secara berkala tetap harus dilakukan. Yang tujuan untuk menjaga kinerja perangkat laptop tersebut agar tidak lemot dan tentunya mengurangi beban penyimpanan pada hardisk. Berikut beberapa langkah membersihkan Cache dengan Google Chrome, antara lain:

  • Siapkan laptop dan masuk ke dalam Google Chrome, klik simbol titik 3 pada bagian atas sebelah kanan.
  • Pilih hapus data browsing dan rentang waktunya.
  • Klik hapus data dan tunggu beberapa saat hingga data Cache tersebut bersih..

Nah, demikian cara menghapus Cache di laptop agar lebih maksimal lagi kinerjanya. Meskipun pada awalnya Cache digunakan untuk mempercepat membuka situs yang sering diakses pada browser maupun program pada PC/Laptop. Namun bila lama-kelamaan hal tersebut tidak kita bersihkan tentunya hal ini akan membuat menumpukan berkas cache, yang justru akan memperlambat kinerja perangkat laptop itu sendiri. Maka, penghapusan Cache yang menumpuk di perangkat laptop menjadi solusi untuk memaksimal lagi kinerjanya. 

Pada jenis-jenis hardisk yang beredar, banyak tipe-tipe hardisk yang mengalami penurunan kinerja akibat penumpukan berkas cache, bahkan dapat merusak hardisk, tapi tenang kamu dapat memperbaikinya maka dari itu sebelum terjadinya penurunan kinerja perangkat laptop, kamu baiknya membersihkan secara rutin ya!. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *