Hp kamu kemasukan air? ini solusinya!

  • Whatsapp
HP KEMASUKAN AIR
Solusi memperbaiki hp yang kemasukan air

DuniaTriLogi.com – HP Kamu kemasukan air? ini solusinya. Trend teknologi semakin canggih seiring berjalannya waktu, terutama perkembangan telepon genggam alias ponsel. Hal ini kemudian menjadi salah satu kemajuan dunia yang dimana teknologi berupa telpon gengam hampir didapati dimana saja dan pada seluruh kalangan.

Bacaan Lainnya

Orang-orang berbondong-bondong membeli sebuah smartphone dengan jenis yang beragam, sistem yang beragam, dan merek yang beragam dan tentunya dapat kita temui di banyak daerah-daerah yang tersebar di dunia. Nah Sistem pada perangkat android ada 3 yang populer di pasaran, yaitu; Android, iOS, Windows Phone.

Gambar Ilustrasi HP mati akibat kemasukan Air | Dunia Trologi

Untuk kamu yang ingin mengetahui perbedaan Android dengan iOS, bisa kamu cek pada artikel yang ditulis oleh blog Jalur Tekno: Yakin beli iOS daripada Android ini dia kelebihan android | Jalur Tekno (jalur-tekno.blogspot.com)

Android vs iOS | Jalur Tekno
Android atau iOS? ang mana lebih baik. yuk cek sini.

Seiring kecanggihan teknologi dan pesatnya kemajuan pada sebuah perangkat smartphone yang tengah membuat beberapa atau sebut; hampir kebanyakan orang yang tak bisa lepas dari perangkat telponnya, karena smartphone memiliki kecanggihan yang sangat memberikan dampat kecanduan untuk penggunanya.

Tentunya dari fitur yang dimiliki, kita dapat mengakses dan mencari informasi yang kita butuhkan di dunia maya, kita juga dapat; “mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” dengan menggunakan media komunikasi yang ada, dari Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Telegram, dll.

Akan tetapi tentu saja dibalik kecanggihan yang ada pasti barang-barang tersebut akan rusak apabila terjadi suatu kesalahan, seperti misalnya Hp kamu kemasukan air. Hal ini tentunya membuat pemilik akan pusing 7 keliling atau bahkan jadi sampai naik tanduk tuh.

Kejadian tersebut pasti akan membuat panik pemiliknya terlebih ketika hp kamu bertipe baterai tanam. Apabila kejadian tersebut menimpa kamu, Inilah cara mengatasi hp kena air baterai tanam dengan mudah.

Bagi pemilik hp bertipe baterai lepas mungkin terkena air bukanlah suatu hal yang sangat menakutkan. Berbeda halnya dengan pemilik hp berbaterai tanam, tentu saja hal tersebut merupakan permasalahan penting yang apabila tidak ditangani dengan segera bisa menyebabkan kerusakan komponen lain di dalam hp .Hp kamu kemasukan air ini solusinya.

Hp kamu kemasukan air pasti akan mengalami arus dan akhirnya menyebabkan bootlop hingga matot alias mati total. Lalu apakah ada cara untuk mengatasi hp bertipe baterai non removable? Jelas ada. Inilah beberapa cara untuk mengatasi hp yang terkena air dengan mudah:

1. Mematikan Hp Dengan Segera

Cara pertama yang harus diperhatikan pertama kali saat mendapati Hp kemasukan air berbaterai tanam terkena air adalah dengan mematikannya dengan segera. Jangan berusaha menyalakannya lagi apabila memang ponsel tersebut sudah dalam keadaan tidak aktif. Hal ini dilakukan guna sebagai cara mencegah konslet arus pendek, karena jika ini terjadi tentunya akan menambah biaya perawatan.

Jika pengguna ponsel berbaterai tanam masih memaksa menyalakan hp maka yang akan terjadi adalah kerusakan parah pada komponen lain yang disebabkan oleh alur listrik yang mengalir ke seluruh ponsel.

Apabila sudah demikian jangan menyesal bilamana hp tersebut tidak bisa kembali menyala alias rusak total. Pasti kamu akan sangat menyesal loh L, jadi jangan coba-coba menyalakan smartphone ketika kemasukan air ya.

Nah, ketika kamu sudah mematikan ponsel kamu, cara berikutnya dengan melakukan;

2. Membuka Casing

Untuk mengatasi hp berbaterai tanam yang Hp kemasukan air berikutnya adalah dengan cara membuka casing bagian belakang dengan segera. Lalu bagaimana caranya jika casing tersebut tidak bisa dibuka? maka lakukan upaya memiringkan hp dengan posisi  berdiri agar airnya tidak tergenang di dalam.

Jangan melakukan pembukaan paksa pada casing hp apabila tidak memiliki peralatan khusus. Mengapa? pasalnya jelas tentunya hal ini akan merusak hardware yang ada di dalam hp dan bisa-bisa ponsel tersebut tidak bisa tertutup kembali. Sehingga ada baiknya lakukan cara lain.

Mengikuti beberapa perkembangan smartphone yang ada; kebanyakkan smartphone keluaran terbaru memberikan keamanan pada casing yang diberikan lem, jadi akan susah untuk dilakukan pembukaan casing tanpa alat.

3. Keluarkan Seluruh Kartu Yang Terpasang

Cara mengatasi Hp kemasukan air baterai tanam berikutnya adalah dengan mengeluarkan seluruh kartu yang terpasang di dalamnya. Beberapa diantaranya seperti kartu sim dan memori. Ketika melakukan tindakan ini pastikan dengan benar agar jangan sampai kartu-kartu tersebut semakin basah, jika terjadi hal demikian bisa saja kamu akan kehilangan seluruh kenangan yang ada pada memori ponsel kamu, dan sim card kamu bisa saja ikut rusak.

Apabila sudah dikeluarkan maka posisikan hp terjungkan sesuai dengan lubang tempat kartu tersebut dipasang. Hal ini dilakukan dengan maksud agar air yang tergenang di dalam hp bisa keluar melalui celah-celah tersebut, agar nantinya bisa diatasi dengan mudah.

4. Gunakan Silica Gel

Setelah mengeluarkan seluruh isi kartu yang ada di dalam Hp yang kemasukan air maka bisa juga dilakukan upaya berupa memasang silica gel. Benda tersebut bisa didapatkan dengan mudah di konter hp atau perlengkapan aksesoris ponsel. Harganya juga sangat terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong.

Lalu bagaimana cara menggunakan silica gel untuk mengatasi hp berbaterai tanam yang terkena air? Pasangankan silica gel pada hp tersebut dan diamkan selama kurang lebih 5 sampai 8 jam. Hal ini bertujuan agar silica gel dapat menyerap dengan maksimal air di dalamnya.

5. Menggunakan Beras

Selain menggunakan Silica Gel, kamu juga dapat menggunakan beras sebagai pengganti. Kenapa Beras? Dengan beras kita dapat mengeluarkan air yang ada pada ponsel kita! Loh.

Hal ini terjadi karena beras memiliki suhu yang panas dalam skala rendah bila dalam porsi yang sedang. Kalau cuman 1 biji doang tentunya gak mungkin kan!.

Untuk menggunakan beras, kamu dapat memasukkan Hp kamu yang kemasukan air dalam tumpukan beras dengan keadaan mati dan telah kamu cabuti sim card beserta memori card.

Kemudian silahkan menunggu beberapa jam, sampai ponsel kamu benar-benar telah kering dan bisa berfungsi kembali.

Jadi penggunaan beras untuk mengeringkan smartphone dari air dapat kamu lakukan, dan cara ini terbukti ampuh dan sangat sederhana, yang kamu butuhkan hanya kesabaran untuk menggn sampai smartphone kamu benar-benar dalam kondisi kering.

Namun cara ini terdengar aneh bukan? akan tetapi sejauh ini banyak pengguna yang berhasil mengatasinya.

6. Hindari Menggunakan Hair Dryer!

Sejauh ini masih banyak didapati pengguna ponsel yang menggunakan hair dryer untuk mengatasi hp baterai tanam kena air. Padahal kiat ini sangat berpotensi besar merusak komponen penting di dalam ponsel. Mengapa? Pasalnya hair dryer secara langsung menghembuskan angin panas yang tentunya akan merusak komponen ponsel kamu.

Walaupun kamu berasumsi bahwa dengan menggunakan Hair Dryer, proses pengeringan akan cepat terjadi, iya benar! namun akan memberikan dampak yang fatal bila kamu salah dalam menggunakannya, jangan sampai lem yang ada dalam ponsel kamu ikutan meleleh!. Jadi kita saranin jangan nekat ya.

Kiranya itulah “Cara Mengatasi Hp Baterai Tanam Kemasukan Air Dengan Mudah” yang bisa dicoba apapun profesi kamu. Apabila hp tersebut tidak terlalu lama berada di dalam air maka kemungkinan besar masih bisa diatasi dengan mudah namun sebaliknya bila smartphone kamu tetap tidak bisa aktif, kamu harus ke konter hp untuk memeriksa, jangan sampai ada komponen yang rusak. Selamat mencoba!.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *