Lakukan beberapa cara memperbaiki hardisk rusak berikut ini!

  • Whatsapp
Solusi Tepat perbaiki hardisk yang bermasalah
Solusi Tepat perbaiki hardisk yang bermasalah, hardisk tidak terbaca, lakukan hal ini untuk memberaiki hardisk.

DuniaTrilogi.com – Cara memperbaiki hardisk rusak dengan aman dan lengkap tanpa perlu khawatir tambah merusak hardisk sendiri. Dengan mengikuti beberapa langkah yang akan dipaparkan, kamu dapat memperbaiki hardisk sendiri secara aman

Bagi para pengguna Laptop maupun PC, hardware hardisk tentunya merukanan hal yang tak asing lagi didengar. yang dimana hardisk adalah sebuah perangkat keras di komputer yang berisikan sistem untuk mengoperasikan atau menjalankan komputer. hardisk juga dibutuhkan untuk tentunya dalam proses menyimpan data baik pada PC atau Laptop. Hal tersebut merupakan fungsi utama hardisk ini, maka dari itu hardisk dapat digunakan sebagai perangkat keras penyimpanan data secara Internal maupun eksternal, karena hardisk memiliki kapasitas yang tegolong luas dari pada Flashdisk.

Bacaan Lainnya

Jadi, tentunya hardisk digunakan sebagai alat penyimpanan data system pada sebuah PC atau Laptop, dan bisa juga dipakai hanya untuk menyimpan file secara exsternal yang memungkinkan untuk digunakan secara portable.

Hardisk juga memiliki bermacam-macam jenis loh, dan tentunya memiliki perbedaan-perbedaan ditiap jenis hardisknya. Sedangkan jenisnya dapat kita lihat:   hardisk IDE, hardisk ATA, hardisk SATA, hardisk SCSI, SSD. nah untuk artikel lengkapnya mengenai pengertian dan jenis-jenis hardisk, dapat kamu dapatkan di Jalur Tekno (Pengertian dan Jenis-Jenis Hardisk

Dari tiap hardisk diatas pastinya memiliki bug atau dapat mengalami kerusakan dan diperlukan cara memperbaiki hardisk rusak yang berbeda-beda, karena sesungguhnya tidak ada sebuah alat yang sempurna, maka dari itu usia hardisk biasanya dapat ditentukan oleh pemiliknya sendiri. yang harus kita ketahui bahwa tidak selamanya hardisk tersebut fungsinya dapat berjalan dengan baik untuk waktu lama.

Nah, jika kamu sekarang tengah mengalami kerusakan pada hardisk, mengalami bug, atau tidak dapat berfungsi, silahkan deh Simak cara memperbaiki hardisk rusak berikut ini lengkap informasinya:

Gejala dan Penyebab hardisk Rusak

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki hardisk rusak, alangkah baiknya ketika mengetahui terlebih dulu apa gejala dan penyebab hardisk rusak. hardisk dapat dikatakan rusak jika hardisk tidak dapat bekerja secara optimal. Tidak optimal disini maksudnya adalah memperbaiki hardisk sudah mulai bekerja dengan lambat, tidak dapat melakukan booting, sering stuck tiba-tiba, hardisk tidak terbaca, dan lain-lain.

hardisk yang rusak dapat disebabkan karena usia hardisk yang sudah tua. Selain itu, apabila ketika komponen hardisk sering terbentur, hal ini juga dapat menjadi salah satu penyebabnya, bisa saja karena hal tersebut komponen dalam hardisk mengalami pergeseran. Bahkan hardisk yang panas berlebihan dapat menyebabkan kinerja hardisk menurun dan dapat merusak komponennya.

Kerusakan MFT (Managed File Transfer) dapat membuat sistem NTFS (New Technology File System) hardisk eksternal tidak terbaca. hardisk juga bisa menjadi rusak jika terinfeksi virus. Salah satunya yaitu virus Malware yang dapat menginfeksi PC akan menyebabkan kerusakan pada partisi komputer. Mendownload sistem operasi atau perangkat lunak yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab rusaknya hardisk.

Pengertian MTF dan NTFS:

Managed File Transfer (MFT) adalah platform teknologi yang memungkinkan proses untuk bertukar data elektronik secara optimal antara sistem dan orang-orang dengan cara yang aman untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Proses penggunaan data ini dapat bersifat internal dan eksternal dan driver ini mencakup/memiliki berbagai jenis, termasuk data sensitif, dilindungi keamanan atau volume tinggi. MTF ini dapat menjadi sebuah perangkat lunak atau sebagai layanan dan dapat mencakup satu panel untuk visibilitas dan tata kelola data.

Kelebihan yang dimiliki MTF yang memberikannya nilai guna, iyalah:

Keamanan Data: Pengguna akan diberikan keamanan dalam menggunakan sistem ini, karena MTF memiliki tugas untuk memantau secara langsung sebuah kebuah kebijakan keamanan, validasi, dan kontrol untuk melindungi data dalam transit maupun sedang tidak digunakan.

Perkembangan Data: Seiring berkembangnya sebuah program dan sistem operasi yang ada, mengakibatkan data yang digunakan akan terus bertambah dan bertambah. MFT juga memilki tugas tata kelola otomatis yang pergerakan file di dalam dan di luar yang memiliki manfaat mempercepat pergerakan data.

Teknologi Megatrends: Memindahkan file telah menjadi lebih kompleks dengan adopsi teknologi transformasional. Pertumbuhan data besar, program cloud, intelijen buatan, analisis data dan Internet of Things (IOT) menempatkan premium pada kecepatan dan sebagian besar transfer file. MFT menawarkan kemampuan canggih untuk berbagai platform, perangkat seluler, program, dan infrastruktur TI lainnya yang ada.

Visibilitas: Perusahaan perlu mengantisipasi faktor risiko untuk memitigasi kerusakan. Visibilitas operasional atas gerakan file mengarah pada resolusi masalah proaktif, seperti transfer yang gagal.

NTFS adalah :

NT File System (NTFS) atau sistem file teknologi baru, merupakan proses yang digunakan dalam sistem operasi untuk memungkin terjadinya penyimpanan data, mengatur, dan dan untuk menggunakan hardisk secara efisien.

Manfaat dari NTFS adalah:

Kinerja: NTFS memungkinkan dilakukan kompresi file sehingga proses pemindahan data dapat dengan otomatis mengurangi penggunaan ruang penyimpanan pada hardisk.

Keamanan: NTFS akan memungkinkan untuk memberikan izin berpasword pada file dan folder sehingga Anda dapat membatasi akses ke data.

Optimalisasi ruang hardisk: Selain kompresi file, NTFS juga memungkinkan mengoptimalkan kuota disk. Fitur ini memungkinkan multitasking untuk melakukan lebih banyak kontrol terhadap ruang penyimpanan.

Nah, pasti sudah tak sabar untuk cara mengatasi jika terjadi masalah pada hardisk, berikut akan kami berikan tips dan trik mmberbaiki hardisk yang rusak besera ulasannya:

Cara Memperbaiki hardisk Rusak

Harus kamu ketahui bahwa hardisk yang rusak dapat diperbaiki sendiri, loh! akan tetapi langkah yang pertama untuk memperbaikinya yaitu dengan mengetahui penyebab kerusakan hardisk terlebih dahulu, hardisk yang dimiliki sudah pasti mengalami kerusakan, simak penjelasan ini, yuk! Beberapa cara memperbaiki hardisk rusak antara lain :

1. Mengurangi File Pada hardisk

Cara yang paling simple adalah dengan mengurangi file yang ada pada hardisk. Cara ini dapat dilakukan jika hardisk belum rusak total, misalnya hanya lemot dan beberapa berkas tidak dapat terbaca, sering mengalami laggiing saat mengoprasikan komputer/Laptop.

Untuk cara pertama cukup mudah, hanya dengan mengurangi file yang dianggap tidak diperlukan pada hardisk, seperti menghapus data-data yang tidak digunakan lagi, berkas berat yang tidak penting, bahkan game yang memiliki kapasitas yang sangat tinggi. Hapus file-file tersebut supaya hardisk dapat bekerja lebih optimal.

2. Menggunakan Software Minitool Partition Wizard

Cara memperbaiki hardisk rusak yang kedua untuk mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca adalah dengan mengunduh program Minitool Partition Wizard. Setelah melakukan pengunduhan, buka minitool lalu cari lokasi hardisk. Selanjutnya, pada hardisk yang akan di delete, klik kanan. Pilih “Delete All Partitions.”

Setelah melakukan langkah diatas, kik Create Partition lalu ganti file menjadi FAT32 pada Partition Management. Tunggu beberapa saat sampai minitool partition menyelesaikan tugasnya. Setelah selesai, hardisk yang tadinya tidak terbaca akan dapat terbaca kembali di My Computer.

Cara ini menurut saya sangat efektif bila terjadi corrupt pada hardisk yang mengakibatkannya tidak dapat digunakan. oleh karena itu, dengan melakukan formatting, seluruh file yang terjangit virus akan hilang permanen dan hardisk akan kembali ke pengaturan awal.

3. Menggunakan CMD (Command Prompt)

Sebenarnya cara ini hanya dapat digunakan untuk mengetahui penyebab hardisk menjadi rusak supaya dapat menentukan langkah untuk memperbaikinya.

Caranya cukup mudah. Ketik dan buka CMD pada mesin pencarian lalu pada command prompt, klik kanan. Setelah itu, pilih Run as Administrator. Ketik chkdsk/f e: di halaman command prompt, lalu tekan enter.

Setelah mengenter, maka akan muncul status kesehatan dari hardisk yang sedang digunakan.

4. Menggunakan program Low Level Format

Cara memperbaiki hardisk rusak ke empat, jika penyebab dari rusaknya hardisk adalah karena bad sector, segera install program Low Level Format. Setelah install, pasang hardisk yang rusak dan hardisk yang normal pada komputer. Buka program Low Level Format, lalu klik Continue > Low Level Format > Format This Device. Tunggu beberapa saat lalu buat partisi baru.

Cara ini sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dari cara yang menggunakan Mini tools Partition, akan tetapi program Low Level Format memiliki kapasitas bawaan yang ringan dan mudah untuk digunakan.

5. Datang ke Tukang Servis hardisk

Langkah terakhir Cara memperbaiki hardisk yang rusak dengan membawa hardisk ke tukang servis hardisk. Memang, untuk memperbaiki hardisk biayanya tidak murah. Cara ini menjadi jalan terakhir jika semua cara yang dilakukan tak kunjung menemui titik terang. hardisk yang rusak akan mendapatkan penanganan yang lebih tepat ditangani ahlinya.

Itulah beberapa cara memperbaiki hardisk rusak yang dapat dilakukan secara mandiri. hardisk sangat penting untuk menyimpan data-data komputer atau laptop. Oleh karena itu, rawatlah hardisk dengan benar dan bijaksana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar