Membalas pesan WA otomatis bagi pebisnis

  • Whatsapp
Membalas chat WA bisniss
Membalas chat WA bisniss

Dengan tuntutan zaman yang harus serba cepat, penyedia jasa layanan atau pengusaha dituntut untuk memiliki respon yang cepat pula. Hal ini untuk mendapatkan hasil penjualan dari para pelanggan. Salah satu sosial media untuk memudahkan terhubungnya pelanggan dengan penjual adalah dengan Whatsapp (WA). Cara membalas pesan WA otomatis adalah fitur yang ditawarkan untuk menjawab permintaan tersebut.

Fitur perpesanan sendiri banyak dimiliki oleh sosmed lainnya. Namun, whatsapp memiliki pengguna yang cukup masif dan sering dijadikan basis percakapan oleh beberapa pelaku usaha. Ditambah, percakapan jarak jauh ini memiliki fitur balas pesan otomatis. Cara membalas pesan WA otomatis bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan menginstall whatsapp business lalu mengatur pesan otomatisnya di setelan. Atau, cara kedua, dengan menginstall AutoReply dari Playstore.

Bacaan Lainnya

Membalas Pesan WA Otomatis dengan Whatsapp Business/ Whatsapp API

Untuk pengusaha kecil, menggunakan whatsapp setiap saat sangat kurang efisien karena banyak produksi barang yang tertunda. Karena itu, WA membuat Whatsapp business untuk para pelaku bisnis dari yang kecil hingga yang berskala besar. Untuk yang beromzet lebih, whatsapp API bisa digunakan dengan syarat dan ketentuan yang bisa dilihat di penjelasan tentang aplikasi ini di Play Store yang dapat memberikan kemudahan untuk Membalas pesan WA otomatis.

Pertama kita mengunduh Whatsapp Business pada Play Store atau iOS store untuk dapat digunakan Membalas pesan WA otomatis. Setelah itu buka setelan atau setting. Jika pengguna ingin membalas WA otomatis ketika pengguna sedang offline, maka pengguna memilih opsi untuk mengaktifkan balas otomatis atau away message. Setelah aktif, pengguna dapat mengatur isi pesan otomatis yang akan dikirim. Selanjutnya simpan pesan dan pesan akan terkirim ketika anda offline.

Selain mengatur isi pesan, pengguna juga bisa mengatur untuk siapa saja pesan itu dikirimkan. Pengguna bisa memilih, seluruh kontak, semua kontak dengan pengecualian pengirim pesan tertentu, atau bisa untuk mengirim pesan otomatis tersebut kepada semua pesan yang masuk baik yang tersimpan atau tidak. Hal ini memudahkan jika pengguna memiliki kontak yang sangat penting atau tidak paham dengan fitur pesan otomatis.

Membalas Pesan WA Otomatis dengan Auto Reply atau Whatsapp Chatbot

Cara ini tak berbeda jauh dengan langkah sebelumnya, akan tetapi, harus memiliki whatsapp biasa terlebih dahulu baru setelahnya bisa mengunduh aplikasi auto reply yang bisa diunduh di Play Store. Setelah mendownload, izinkan aplikasi untuk membaca notifikasi pesan masuk agar dapat melakukan balasan otomatis.

Jika dengan whatsapp business membedakan balasan otomatis ketika offline dengan template balasan dengan kata kunci, maka pada chatbot pengguna mengatur kata kunci pesannya.

Untuk memulai, buka aplikasi lalu tekan tanda tambah (+) pada bagian tengah bawah yang muncul agar chat bot bisa ditambahkan ke Whatsapp reguler ataupun whatsapp lainnya. Setelah terpasang, pengguna bisa menambah kata kunci yang diapit dengan tanda bintang (*), kemudian memilih balasan pesan itu dikirimkan kepada siapa saja.

Atau bisa juga dengan menggunakan fitur exact match, yaitu menambah kata kunci dan menulis balasan otomatis ketika seseorang mengirimkan pesan itu. Kemudian, simpan pengaturan pesan chat bot untuk membalas pesan secara otomatis

Dari dua cara membalas pesan WA otomatis di atas, pengguna bisa memilih menggunakan pilihan yang lebih memudahkan dan mempertimbangkan kemampuan HP menampung aplikasi. Penggunaan balasan otomatis ini juga bisa ditemukan pada telegram dengan telegram bot.

Pada dasarnya balasan pesan otomatis ini tidak hanya dapat digunakan dalam berbisnis saja. Tapi jika pengguna fitur ini menggunakannya untuk masalah pribadi, sebaliknya akan merugikan dan menimbulkan masalah baru. Karena itu, perlu dipikirkan bagaimana fitur ini dapat digunakan sebaik mungkin. Baca juga cara mengembalikan data WA yang hilang permanen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *