Memperbaiki Hardisk Bad Sector dan Penyebabnya

  • Whatsapp
Memperbaiki Bad Sector
Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Hardisk merupakan salah satu hardware komputer yang mudah rusak. Bila hardware ini rusak, maka seluruh file misalnya file dokumen, game, video, foto, dan sebagainya kemungkinan besar data tersebut hilang. Tentunya hal itu dapat merugikan penggunanya. Tentu hal itu tidak ingin terjadi, bukan? Namun pengguna tak  perlu risau, ada cara memperbaiki hardisk bad sector dan peyebabnya, dengan gampang akan kita perbaiki sendiri. Simak dengan seksama!

Risiko yang paling dialami pada hardisk adalah seringnya mengalami bad sector. Apabila kerusakan ini terjadi, dampaknya pengguna kehilangan data. Apabila hardisk mengalami masalah, maka komponen tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya.

Bacaan Lainnya

Masalah ini terjadi pada rusaknya hardware ataupun software. Apabila masalahnya terletak pada fisik, maka sudah tidak dapat dibenahi. Namun apabila penyebabnya pada software, kemungkinan bisa diatasi. Lalu, bagaimanakah cara memperbaiki hardisk bad sector?

Penyebab Hardisk Bermasalah

Sebelum mengetahui cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector, sebaiknya perlu mengetahui dahulu penyebabnya. Ada 2 penyebab hardisk rusak, dimana masalah tersebut terdapat pada perangkat keras dan lunak. Apabila kerusakannya terletak pada hardware (fisik), maka sudah jelas hardisk tidak dapat diperbaiki lagi. Namun apabila terletak pada sistem operasinya yang error, maka pengguna bisa memperbaikinya. Untuk itu, penting untuk pengguna ketahui penyebab hardisk tersebut bermasalah agar mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Hardware-nya bermasalah. Penyebab kerusakannya kepala pada hardisk menyentuh sektor dan merusaknya. Bisa juga rusaknya dikarenakan oleh debu yang tertempel di dalamnya. Atau komponennya memiliki usia yang sudah terlalu lama, atau bisa juga karena sering terjatuh. Jenis kerusakan ini tidak bisa direparasi lagi.
  • Software-nya bermasalah. Penyebab kerusakannya biasanya sistem operasinya tidak dapat bekerja, masalah ini bisa dapat ditangani dengan mudah yakni bisa melalui Windows Disk Check maupun memformatnya tanpa menghilangkan data.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Gampang

Sebelum memperbaiki hardisk bad sector, alangkah baiknya pengguna melihat penyebab kerusakannya lebih dulu. Sebab apabila rusaknya secara fisik, maka tidak bisa diperbaiki. Namun juga kerusakan terjadi pada software, maka berikut ini cara memperbaikinya:

1. Melalui Disk Check Tools (chkdsk)

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan ini sangat praktis sebab pengguna tidak butuh install software untuk memperbaikinya. Pertama pengguna membuka Windows Explorer, pada tab kanan pilih “properties”. Jika memilih “Disk C”, makan tekan “tool”. Langkah berikutnya adalah:

  • Tekan “check now” di bagian “error checking”.
  • Di layar Windows akan muncul dua opsi, apakah pengguna akan mengeceknya saja atau sekaligus perbaikan.
  • Jika ingin memilih keduanya klik “start”. Untuk memperbaiki hardisk durasinya cukup panjang, hal ini tergantung dari kapasitasnya. Jadi disarankan, ketika ingin memperbaikinya lebih baik saat komputer sedang tidak digunakan.

2. Melalui Command Prompt (CMD)

Metode ini juga sangat gampang untuk Memperbaiki Hardisk Bad Sector sebab tidak perlu software tambahan. Pengguna bisa menggunakannya melalui akses administrator. Metode ini bisa dicoba apabila langkah sebelumnya tidak bekerja. Berikut cara memperbaikinya:

  • Buka CMD, pilih “run as administrator”.
  • Kemudian tekan CHKDSK.
  • Kemudian klik tombol enter.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Durasi perbaikan dilihat dari kapasitas hardisknya.

3. Melalui Macrorit Disk Scanner

Apabila cara di atas hasilnya tidak optimal, maka pengguna bisa melalui Macrorit Disk Scanner. Software ini terbukti efektif memperbaiki hardisk bermasalah dan juga merupakan fitur dari Windows. Cara menggunakannya yakni:

  • Download dan install Macrorit Disk Scanner.
  • Setelah itu Macrorit akan menganalisis kerusakan.

Jika hardisknya mengalami bad sector, otomatis Macrorit akan mendeteksinya. Pengguna bisa melihatnya melalui error found. Disana pengguna bisa mendeteksi jumlah kerusakan yang sedang dialami hardisk.

Demikian  cara memperbaiki hardisk bad sector. Pengguna dapat mengikuti ketiga langkah di atas disesuaikan dengan keadaan hardisk tersebut. Semoga ulasannya dapat dijadikan referensi bagi pengguna yang sedang mengalami masalah pada hardisk. Berikut cara mengatasi Windows gagal 10 update

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *