Memperbaiki LCD HP tertekan dan penyebabnya | Let’s Fix it

  • Whatsapp
Memperbaiki LCD HP
Memperbaiki LCD HP harus dilakukan

Memperbaiki LCD HP yang tertekan. Permasalah ini tentunya merupakan masalah yang lumayan serius ketika LCD pada smartphone yang kita miliki mengalami kerusakan yang parah akibat tertekan dengan berat diatas normal dari batas tekanan wajar smartphone.

Datang dengan menawarkan berbagai kemudahan berkomunikasi dan produktivitas, LCD HP layar sentuh merupakan bagian vital setelah CPU untuk dapat mengoperasikan HP seperti apa yang kita butuhkan. Sayangnya, LCD HP dapat mengalami kerusakan mulai dari yang paling ringan seperti muncul garis atau tergores, tertekan sendiri, atau bahkan parahnya tidak bisa disentuh sama sekali.

Bacaan Lainnya

Maka sangat penting untuk mengurangi resiko tekanan pada Layar LCD HP, karena dampak yang akan dihasilkan bukan main-main. Setidaknya, kita perlu mengerti cara memperbaiki LCD HP yang tertekan sendiri sebelum service LCD atau ditakutkan kerusakannya akan bertambah parah. Berikut kita akan bahas tentang Cara Memperbaiki LCD HP yang tertekan

Penyebab LCD HP tertekan

Ada dua faktor yang bisa membuat layar HP terganggu hingga tertekan sendiri. Pertama, faktor eksternal, dimana pengguna kurang hati-hati sehingga sentuhan pada permukaan HP menjadi tertekan tak terkontrol, bisa juga pengguna salah meletakkan smartphone di sembarang tempat yang mengakibatkan seseorang dengan tidak sengaja menginjak smartphone, bahkan sampai ketindisan barang yang berat.

Faktor kedua, yaitu masalah internal pada HP, seperti bug, overheating, kerusakan baterai, layar yang rentan rusak, ataupun pelindung layar yang kurang bersih.

Akibat faktor external dan internal yang dibahas diatas, maka perlu untuk mengetahui Cara Memperbaiki LCD HP yang tertekan agar dapat memperbaiki setidaknya agar bisa digunakan kembali jika mengalami kerusakan parah tanpa perlu dibawa ke tukang service, namun berbeda solusi kalau si HP telah mengalami kerusakan yang benar-benar mengharuskan sparepartnya untuk diganti.

Cara memperbaiki LCD HP yang tertekan

Berbeda penyebabnya, solusinya juga berbeda. Namun, jenis layar yang terpengaruh faktor eksternal LCD selain dari bahan kaca. Meski demikian, kita tetap menjauhi faktor internal maupun eksternal yang menyebabkan HP tertekan.  Namun apabila terlanjur, silakan lakukan perbaikannya. Berikut ini cara memperbaiki LCD HP yang tertekan, tergantung sumber kekurangannya:

1. Memeriksa Faktor Kerusakan Internal

Sesuai dengan faktor kerusakannya, maka cara Memperbaiki LCD HP yang Tertekan kali ini juga berbeda. Jika ada masalah dengan terlalu panas karena banyaknya aplikasi yang berjalan sekaligus, yang memaksa RAM Smartphone bekerja keras dan menguras paksa beterai untuk mengeluarkan banyak daya secara tak wajar, maka segera matikan HP untuk beberapa saat. Setelah itu, nyalakan HP dan cek kembali kondisinya.

Bila belum berubah, bisa dicek kondisi baterai, apakah menggembung atau rusak. Bila iya, segera gunakan baterai yang baru dan original dari merek HP supaya penggunaan lebih awet, untuk mendapatkannya biasanya dapat dibeli melalui toko service center merk HP yang kamu gunakan. Untuk beberapa orang, mengganti baterai lebih efisien daripada harus servis atau beli baru, karena tak perlu khawatir lagi bila langsung menggantikan beterai yang rusak dengan yang baru dan baik.

Tak jarang juga, layar tertekan sendiri karena menggunakan charger tiruan dan bukan bawaan produksi. Hal ini membuat layar terganggu dengan aliran listrik yang tidak sesuai.

Selanjutnya, jika faktor kerusakan layar adalah bug pada sistem operasi, ada baiknya mem-backup data penting, kemudian lakukan updating sistem operasi, namun jika masalahnya tidak berhenti, coba untuk melakukan factory reset. Hal ini akan membuat HP kembali seperti produksi awal sebelum diinstall aplikasi atau menyimpan media file. Jika tidak mencadangkan file penting, maka file akan ikut menghilang saat direset.

Sangat disarankan untuk membackup penuh data-data anda di perangkat PC atau Laptop agar tidak kehilangan data pribadi.

2. Periksa Faktor Eksternal

Jangan lupa untuk memeriksa layar protektor juga. Ini termasuk faktor eksternal. Jika ternyata susah untuk dibersihkan, ada baiknya untuk diganti dengan screen protektor yang anti debu.

Ada baiknya juga, lakukan kalibrasi layar pada HP tersebut. Kalibrasi layar bisa dijalankan dengan aplikasi bawaan HP ataupun diinstall dari pusat aplikasi. Dengan begitu kita bisa melihat dan memastikan sejauh apa kerusakan yang terjadi pada LCD HP agar mudah ditangani.

Jika permasalahan belum selesai juga, silahkan membawa HP ke ahlinya, yang bisa mengatasi LCD HP yang tertekan. Beruntung jika tidak perlu mengganti LCD dengan yang baru. Jika sudah teratasi dengan baik, maka silahkan menggunakan HP seperti biasa.

Selain cara memperbaiki LCD HP yang tertekan diatas, ada baiknya mencegah terjadinya kerusakan pada LCD HP dengan menambah perlindungan pada HP. Bisa juga kita mengasuransikan layar HP kita pada beberapa penyedia jasa asuransi layar HP agar terlindung dari mahalnya biaya servis ketika akan memperbaiki LCD HP. Pada aplikasi go-jek misalnya, mulai dari dua puluh lima ribu per tahun, sudah bisa menikmati proteksi jika terjadi sesuatu pada layar HP dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada asuransi tersebut.

Hal ini cukup mudah jika dibandingkan dengan segala hal-hal menyusahkan ketika harus memperbaiki LCD HP yang tertekan, ataupun mengeluarkan dana lebih untuk memperbaiki atau mengganti dengan yang lebih baru sama buruknya jika HP mengalami kelemotan yang parah, sedangkan untuk mengatasi lag pada HP, anda dapat membaca : cara memperbaiki hp yang lemot . Untuk itu, pengguna bisa memilih mana yang lebih aman untuk jangka panjang sehingga bisa mencegah LCD HP tertekan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *