Mengatasi Windows 7 yang lemot bukan main

  • Whatsapp
solusi windows 7 yang lemot
Mengatasi Windows 7 yang lemot di PC maupun Laptop

Mengatasi Windows 7 lemot. Windows 7 yang lemot dapat disebabkan oleh beberapa hal yang mendasari, kerap kali Windows 7 secara tiba-tiba mengalami lemot maupun lag.

Sistem Operasi ini hampir digunakan pada banyak laptop maupun PC tua yang masih digunakan sampai sekarang. Windows 7 ini merupakan Windows yang telah lama ada dan digunakan dalam berbagai komputer dan laptop. Windows 7 ini memberikan fitur yang ringan dan elegan untuk digunakan.

Bacaan Lainnya

Meskipun cukup ringan dibandingkan Windows lainnya, namun Windows ini pun masih mengalami beberapa permasalahan seperti lemot atau ngeblank saat digunakan. Terdapat banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan laptop lamban saat dioperasikan atau digunakan. Maka diperlukan sebuah tutorial Mengatasi Windows 7 yang Lemot. Bagaimanakah cara mengatasi Windows 7 lemot?

Apa sajakah faktor-faktor tersebut? Virus yang terdapat pada laptop dapat menjadi faktor besar yang membuat kinerja laptop melambat. Banyaknya file sampah pada laptop pun juga dapat melambatkan kinerja laptop. Faktor banyaknya aplikasi yang ada atau dijalankan pada laptop juga dapat mempengaruhi cara kerja laptop. Namun, jangan risau! Berikut beberapa cara mengatasi Windows 7 lemot:

1. Menggunakan Aksesoris Pendingin

Salah satu penyebab laptop bekerja dengan lambat adalah overheat atau terlalu panas. Overheat juga bisa menyebabkan hardware seperti RAM menjadi cepat rusak. Untuk menanggulanginya, kita bisa menggunakan beberapa aksesori untuk mendinginkan laptop. Salah satunya kipas tambahan atau cooling pad.

Selain itu bisa juga digunakan vacuum cooler agar udara panas bisa tersedot keluar. Kedua alat tersebut berfungsi untuk menjaga suhu laptop agar tetap dingin. Selain aksesoris tersebut, thermal paste juga bisa dipakai untuk menjaga kestabilan suhu prosesor.

2. Hentikan Aplikasi Berjalan

Langkah pertama mengatasi windows 7 lemot yaitu dengan menghentikan program yang tidak berguna pada desktop dengan demikian dapat mempercepat daya kerja laptop. Hal tersebut disebabkan karena bertambahnya kapasitas penyimpanan pada Drive C. Aplikasi tersebut dapat berupa aplikasi yang telah lama tidak dipakai untuk bekerja atau kurang dibutuhkan.

Untuk menghentikan Aplikasi yang berjalan, dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Klik kanan pada taskbar
  • Pilih tab Task Manager
  • Pada tab Processes
  • Pilih Aplikasi yang berjalan dilatar belakang
  • Lalu klik Kanan pada aplikasi yang ingin dihentikan
  • Klik End Task

Selain memberhentikan program, cara yang dapat dilakukan yaitu dengan tidak membuka aplikasi secara bersamaan. Hal tersebut dapat membantu karena dapat membuat mesin tidak bekerja berat dan membuat prosesor panas. Bukalah dan kerjakan satu persatu pekerjaan pada aplikasi sebelum membuka aplikasi lainnya.

3. Pasang Antivirus

Pemasangan antivirus pada laptop sangat membantu pengguna karena ketidaktahuan virus yang tiba-tiba ada dan menyerang. Virus tersebut dapat masuk saat melakukan download file ataupun program melalui browser, bahkan ketika kita sedang berselancar di internet virus dapat masuk beitus saja. Antivirus tersebut membantu agar virus-virus dapat terhapus jika telah diketahui. Oleh karena itu, perlu adanya pengecekan secara berkala virus yang terdapat di laptop. dengan menggunakan antivirus pengguna dapat mengatasi Windows 7 yang lemot.

Pembersihan virus tersebut dapat mengatasi Windows 7 lemot. Terdapat beberapa jenis antivirus untuk laptop yang dapat digunakan seperti premium ataupun standar. Antivirus tersebut dapat diinstal pada service center pembelian laptop. Penggunaan antivirus premium umumnya memerlukan biaya lebih dikarenakan adanya pembayaran secara berkala pada tiap bulannya, namun antivirus ini sangatlah bagus. Jika mengalami kebingungan untuk memilih antivirus, maka akan kami buat Artikel yang membahas antivirus yang baik digunakan dan tidak memberikan dampak buruk untuk sistem operasi kita.

4. Mengganti RAM

Cara satu ini mungkin membutuhkan biaya tambahan dibandingkan cara lainnya. Namun, cara ini sangat efektif untuk dilakukan jika pengguna tidak dapat menguninstall aplikasi yang ada karena dibutuhkan semua.

Maka mengatasi Windows 7 yang lemot dapat dilakukan dengan Menambah kapasitas RAM yang berarti menambah kapasitas penyimpanan sehingga prosesor tidak terlalu berat saat bekerja. Untuk menambah RAM pada laptop dapat dilakukan pada service center yang telah terpercaya atau di tambah sendiri.

Sedangkan untuk ukuran yang di rekomendasikan menggunakan RAM minimal 4 GB, sedangkan ingin meningkatkan batas penggunaan aplikasi secara bersamaan di sarankan untuk menggunakan 4×4 = 8GB RAM.

5. Install Aplikasi Booster

Cara mengatasi windows 7 yang lemot yaitu dengan menggunakan aplikasi, aplikasi ini sangat bermanfaat karena aplikasi ini dapat mempercepat kinerja laptop dengan cepat. Selain itu aplikasi ini juga dapat membersihkan cache yang ada di laptop sehingga ruang penyimpanan tersedia. Terdapat beberapa aplikasi Booster yang dapat diinstal pada laptop seperti Clean Master atau CCleaner. Jika ingin mempercepat kecepatan akses internet bisa dicoba cara ini.

6. Reset Ulang Windows

Secara berkala sebenarnya perlu untuk melakukan penginstalan ulang Windows pada laptop. Hal tersebut untuk memperbarui fitur-fitur yang terbaru dari Windows tersebut sehingga kinerjanya pun berjalan lancar. Windows dapat dibuat menjadi tetap Windows 7 namun dengan fitur terbaru ataupun menjadi Windows 8 dan Windows 10.

Internet yang ada sekarang memberikan banyak sekali informasi yang dapat kita dapati secara mudah dan kapan saja, begitu pula dengan berkas yang kita butuhkan. Seperti halnya Sistem Operasi Windows 7 ini, banyak sekali versi yang ada, dari original, sampai Windows MOD. Sedangkan Dunia Trilogi menyarankan untuk menggunakan Windows original untuk pekerja kantoran, sedangkan untuk kebutuhan gamming dapat menggunakan Windows MOD Windows 7 Red Shift Edition di MOD oleh Ghost Spectre.

7. Penggunaan Kipas Laptop

Penggunaan kipas sebagai alas laptop saat bekerja dapat membantu mesin agar tidak panas. Sirkulasi udara yang mengalir membuat mesin tidak bersuhu tinggi sehingga mesin bekerja seperti biasa. Suhu panas pada mesin secara lama dan terus menerus dapat memberikan dampak yang buruk bahkan dapat membuat PC/Laptop Overload. Jika mengalami PC Restart sendiri, perbaiki sekarang.

Meskipun butuh pengeluaran lebih untuk membeli kipas, namun hal tersebut sangat membantu mengatasi Windows 7 lemot. Terkadang saat pembelian laptop juga terdapat beberapa brand yang telah juga menggratiskan kipas laptop.

8. Menggunakan Software Versi Lama

Software pada laptop memang sering diupdate ke versi yang lebih baru. Hal ini dikarenakan versi baru umumnya memiliki banyak fitur yang lebih canggih dan praktis. Meski demikian, hal ini dapat mengakibatkan laptop menjadi lemot, karena itu kita bisa beralih menggunakan software versi lama, misalnya Microsoft Office 2013 dan Adobe Photoshop CS2. Software tersebut, walaupun sudah lebih berumur, tetap memiliki berbagai fitur krusial yang masih bisa dipakai.

Selain cara-cara mengatasi Windows 7 yang Lemot diatas, anda juga dapat menambah kecepatan proses pembacaan data pada Perangkat Laptop/PC dengan cara mengganti Penyimpanan Hardisk menjadi SSD.

Nah, telah tahu kan faktor-faktor penyebab laptop lamban dan cara mengatasi Windows 7 lemot? kamu juga dapat mengatasi windows yang gagal update. Jangan lupa rawatlah laptop dengan baik dan jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan sistem secara berkala.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *