Penyebab Laptop mati mendadak, jangan risau!

  • Whatsapp
Laptop mati dengan mendadak
Penyebab laptop mati dengan mendadak

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Selain itu, teknologi ini juga mudah dibawa kemana saja sehingga kapanpun dan dimanapun pekerjaan dapat dikerjakan dan diselesaikan. Namun, di beberapa waktu saat mengerjakan pekerjaan mungkin mendapati laptop mati mendadak. Situasi tersebut sering kali membuat panik karena pekerjaan belum selesai. Pengguna yang tidak ahli mengotak-atik laptop, kondisi laptop mati sendiri sangat membingungkan. Jangan risau! Kenali beberapa kondisi penyebab laptop mati mendadak pada ulasan berikut ini.

Langkah pertama kali yang dilakukan pengguna untuk mengecek kondisi laptop yang tiba-tiba mati misalnya seperti memeriksa keadaan baterai. Saat telah hidup kembali biasanya pengguna mengecek virus yang menyerang laptop. Sering kali pengguna tidak menemukan faktor laptop mati mendadak tersebut dan mengabaikan keadaan laptop setelah hidup kembali. Pentingnya tahu faktor penyebab laptop mati mendadak diperlukan agar kemudian hari tidak terjadi kerusakan penting pada laptop. Berikut faktornya:

Bacaan Lainnya

1. Mesin Panas (Overheating)

Faktor ini merupakan faktor penting yang dapat menyebabkan permasalahan Laptop mati mendadak pada laptop. Hal tersebut dikarenakan laptop dioperasikan secara berlebihan atau tidak mati selama berjam-jam, sehingga komponen mesin tidak dapat dioperasikan. Selain kondisi tersebut, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan mesin bersuhu tinggi seperti peletakan laptop diatas benda yang mengantarkan hangat atau empuk.

Laptop yang jarang dipakai pun dapat mengalami mati mendadak, hal tersebut dikarenakan debu pada mesin sehingga kipas laptop mengalirkan udara panas. Perangkat secara otomatis biasanya mati untuk mengamankan perangkat dari kemungkinan terbakar atau meledak.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu penggunaan laptop dengan batas waktu tertentu dan penggunaan kipas laptop. Hal tersebut sangat membantu karena dapat mengurangi panas pada perangkat. Meletakkan laptop bukan pada benda empuk seperti bantal juga sangat membantu karena menyebabkan sirkulasi udara pada laptop mengalir.

2. Virus Komputer

Adanya virus pada laptop dapat menjadi penyebab laptop sering hang dan menjadi Penyebab Laptop mati mendadak. Keberadaan virus dalam laptop karena berbagai cara yaitu mendownload file dan atau program. Pemasangan antivirus pada laptop perlu dilakukan untuk mencegah adanya virus. Rajinnya membersihkan virus melalui aplikasi antivirus yang terpasang pada laptop secara berkala juga sangat membantu untuk mengatasi keberadaan virus berbahaya di laptop.

3. Kegagalan Perangkat Keras

Penyebab Laptop mati mendadak setelah diperbarui? Hal tersebut dapat terjadi namun sangat jarang. Matinya laptop setelah diperbarui dapat terjadi karena hardware yang digunakan tidak kompatibel. Hardware yang telah lama atau usang pada laptop dapat menyebabkan laptop mati tiba-tiba. Untuk mengatasi hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh orang awam. Service center dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan tepat.

4. Supply Baterai

Baterai adalah komponen utama yang menjadi sumber daya untuk menghidupkan laptop dan hal ini Penyebab Laptop mati mendadak. Baterai yang rusak umumnya telah dipakai dalam jangka waktu tertentu seperti lebih dari 5 tahun. Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu pertama dengan mencopot dan mengecas laptop selama digunakan. Cara kedua dengan membeli baterai baru dengan kualifikasi yang sesuai dengan laptop.

Cara pertama memiliki dampak negatif apalagi dilakukan jangka panjang karena disaat kondisi mati listrik dan pengguna belum menyimpan pekerjaan yang sedang dikerjakan, maka file tersebut akan hilang dan pekerjaan yang telah dilakukan sia-sia. 

5. Kualifikasi Laptop

Setiap laptop memiliki kualifikasi dan kegunaan masing-masing. Laptop yang terdapat di pasaran terbagi menjadi 2 yaitu laptop game dan standar. Laptop game memiliki kualifikasi yang lebih kuat dibandingkan standar sehingga kuat menjalankan berbagai aplikasi berat pada desktop. Pengoperasian laptop diluar batas dapat menyebabkan laptop mati.

Nah itulah beberapa penyebab laptop mati mendadak dan solusinya. Untuk menjamin data aman, jangan lupa untuk melakukan penyimpanan data diluar laptop yang dapat dilakukan dengan flashdisk. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *