Minggu, Juni 16

Jenis Mesin Pengolah Makanan yang Sering Dipakai

Duniatrilogi.com – Teknologi Pengolahan. Inilah Jenis Mesin Pengolah Makanan yang Sering Dipakai. Dalam menjalankan bisnis kuliner, apalagi yang sudah berskala cukup besar, mesin untuk mengolah makanan benar-benar akan sangat membantu. Hal ini dikarenakan jika hanya menggunakan tenaga manusia saja akan kualahan dan bisa memakan waktu yang cukup lama. Salah satu yang menyediakan mesin pengolah makanan adalah Markaindo. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin pengolah makanan yang bisa Anda temukan di Markaindo.

 

Mesin Pengolah Makanan yang Sering Dipakai

Kenapa Menggunakan Mesin?

1. Efisien waktu
Alasan pertama kenapa harus menggunakan mesin adalah efisiensi waktu dan tenaga. Mungkin bisnis kuliner dengan skala kecil bisa melakukan olahan bahan secara manual dengan waktu yang tidak begitu lama. Namun, jika bisnis sudah masuk skala besar, mesin sangat dibutuhkan karena bahan olahan bisa mencapai ratusan kilogram.

2. Presisi
Karena menggunakan mesin, artinya pengolahannya bisa diatur sedemikian rupa. Kecepatan dan tekanan bisa diatur agar bahan bisa menjadi seperti yang dikehendaki dan konstan untuk semua bahan. Hal ini sangat sulit dilakukan manual karena semakin lama, ketika tenaga seseorang mulai berkurang, maka hasilnya akan semakin menurun.

Jenis Mesin Pengolahan Makanan

1. Mesin vakum
Mesin yang biasa digunakan untuk vakum adalah HFE Turbovac. Alat ini diproduksi oleh perusahaan dari Belanda yang berfokus kepada produksi mesin pengemas vakum. Ada 3 kategori dari Hfe Turbovac, yakni STE range dan economy range.

STE range adalah mesin vakum yang terbuat dari stainless deed. Mesin ini dilengkapi sistem kontrol elektronik yang serba otomatis. Economy range adalah mesin untuk vakum dengan bahan stainless juga dan dilengkapi dengan pengontrol waktu analog.

2. Mesin pencampur bahan
Mesin pengolah makanan yang pertama adalah mesin yang berfungsi untuk mencampur bahan. Dengan berbagai bahan produksi yang sangat banyak, menggunakan mesin ini akan sangat menghemat waktu. Selain itu, presisi dan kecepatannya bisa diatur sehingga bisa menjadikan campuran menjadi maksimal.

Beberapa contoh mesin pencampur bahan ini adalah grinder yang berfungsi untuk menggiling daging, mixer yang berfungsi mencampur bahan, continous vacuum stuffer yang berfungsi memasukkan adonan sosis ke dalam wadah, dan twisting cutting machine yang berfungsi untuk memotong dan memilin sosis.

3. Mesin pengolah daging
Sudah banyak industri kuliner yang memanfaatkan daging sebagai bahan utamanya, seperti burger, bakso, steak, dan lain sebagainya. Pada bisnis yang sudah berskala besar, menggunakan mesin untuk mengolah daging ini bisa menghemat waktu dan tenaga dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.

Ada berbagai macam mesin pengolah daging yang disediakan. Beberapa mesin tersebut antara lain mesin grinder dari Talsa, yakni sebuah perusahaan dari Spanyol. Mesin ini bisa menggiling daging dengan kapasitas 350 kg/jam hingga 1.700 kg/jam. Bukan hanya itu, mesin dari Talsa juga menyediakan fitur lainnya seperti pemotong daging, penghancur daging, dan pelumat daging.

4. Mesin pengolah daging laut
Selain olahan daging sapi dan ternak lain, olahan daging laut kini juga sudah mulai banyak peminat. Kandungan gizi yang lebih kaya menjadi alasan kenapa daging laut banyak dinikmati. Mesin untuk mengolah daging laut ada berbagai jenis, mulai dari mesin untuk pengemasan, pemotongan, pembersih sisik, dan pengatur skala kuantitas.

Itulah tadi beberapa contoh mesin pengolah makanan yang bisa Anda temukan di salah satu penyedia mesin pengolah makanan, yakni Markaindo. Anda bisa langsung bertanya mengenai spesifikasi dan informasi lainnya ke customer service dari Markaindo. Yang jelas, jika Anda ingin mencari mesin pengolah makanan, sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *