Selasa, April 16

Macam macam Mesin Pengolahan Kayu

Duniatrilogi.comTeknologi Pengolahan. Mau Tahu Mesin Pengolahan Kayu Apa Saja? Ini Daftarnya!

Dalam bisnis industri kayu, tidak pernah terlepas dari mesin pengolahan kayu. Memang sangat penting mesin-mesin itu agar bisa lebih gampang buat proses pengerjaannya. Kalau mengolah kayunya menggunakan mesin, sudah pasti pekerjaan para tukang kayunya jadi lebih gampang, lebih cepat, dan efisien.

Dalam proses mengolah kayu, ada tahan-tahan tertentu sampai menjadi kayu yang berkualitas. Mulai dari memotong, membelah, menghaluskan permukaan kayunya, sampai mengamplasnya.

Pada tiap prosesnya itu, tentu saja alat yang dipakainya berbeda-beda sesuai dengan tujuan pengolahannya.

Macam macam Mesin Pengolahan Kayu

Buat kamu yang mau mengenal mesin-mesin yang dipakai baut mengolah kayu, simak dulu beberapa alatnya di bawah ini.

Oven Kayu atau Pengering Kayu

Kayu yang benar-benar baru ditebang dari hutan pasti punya tingkat air yang masih tinggi, sehingga permukaan kayunya akan terasa sangat basah. Karena kayu yang masih basah tidak bisa diproses langsung ke pemotongan, kayunya harus di keringkan dulu dengan memakai oven kayu.

Tanpa oven kayu, memang bisa dilakukan secara alami yaitu hanya membiarkannya saja di tempat terbuka. Tapi, proses pengeringannya akan lebih memakan waktu, sehingga dibutuhkannya lah oven kayu.

Mesin pengolahan kayu yang banyak digunakan yakni mesin yang memakai sistem uap agar udara panasnya mengenai kayunya agar kering.

Mesin Gergaji

Buat memotong atau membelah kayunya, tentu butuh gergaji. Tapi, tidak asal gergaji saja, karena harus membutuhkan mesin gergaji buat memotong pohonnya yang masih besar-besar. Tapi, sesuai dengan kebutuhannya, mesin gergaji ada banyak jenisnya, dilihat dari bentuk gergaji yang dipakainya.

Ada banyak macam bentuk gergaji yang dipakai dalam industri kayu, seperti lancip, lurus, melengkung, miring, dan masih banyak lagi. Selain buat memotong kayunya, mesin gergaji juga bisa membelah kayunya sesuai kebutuhan, yaitu chain saw, single ripsaw, dan lainnya.

Mesin gergaji yang khusus buat membelah kayu, biasanya memakai mata gergaji yang berbentuk melingkar dan berputar. Alat satu itu dipakai buat membelah kayu-kayu yang masih besar.

Mesin Produksi

Kalau kayu-kayunya sudah dipotong atau dibelah, selanjutnya kayu akan di masuk ke mesin produksi. Mesin pengolahan kayu ini akan membuat kayunya lebih bermacam-macam bentuk sesuai kebutuhan. Ada banyak mesin produksi yang biasanya dipakai, seperti profil, spindle spoulder, CNC router, dan sebagainya.

Tentu saja dari beberapa jenis mesin produksi itu kegunaannya berbeda-beda sesuai dengan bentuk kayu apa yang diinginkan.

Mesin Finishing

Kalau sudah masuk ke dalam tahap penyelesaian, yaitu semua kayu-kayunya sudah dibentuk sesuai dengan keinginan industri, kayu itu akan diolah terakhir dengan memakai mesin finishing. Mesin ini dipakai buat menghaluskan kayu, sehingga serat-serat yang ada di permukaan kayunya bisa bersih.

Saat di proses penghalusan itu, mesin finishing yang dipakai adalah mesin amplas. Tidak hanya menggunakan mesin amplas saja, buat lebih meratakan permukaan kayunya, para tukang kayu juga tetap menggunakan kertas amplas agar bisa menghaluskannya secara manual di sisi-sisi yang belum terjangkau mesinnya.

Mesin Penyedot Debu

Dari proses finishing atau penghalusan, tentu ada banyak debu-debu atau sisa-sisa kayu yang bertebaran kan? Pastinya ruang kayu jadi lebih berantakan dan penuh dengan sisa serpihan kayu. Agar lebih bersih, para tukang kayu biasanya memakai mesin penyedot debu agar kotoran-kotoran kayunya bersih.

Ada beberapa jenis mesin penyedot debu yang dipakai buat membersihkan sisa-sisa serpihan kayu, entah secara otomatis atau manual. Biasanya kalau yang manual hanya bisa menyedot yang debu-debu kayunya tidak terlalu banyak.

Kamu yang mau memulai usaha industri kayu, pastikan dulu semua mesin pengolahan kayu seperti di atas lengkap semua. Tanpa ada salah satunya, bisnis kayu kamu tidak akan berjalan lancar. Meski harganya yang cukup mahal, tapi akan memberikan kualitas kayu yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *