Jumat, Februari 23

Mengenal Alat/Mesin Pengolahan Kopi

Teknologi Pengolahan Kopi. teknozn.blogspot.com Alat / Mesin Pengolahan Kopi yang Sangat Dibutuhkan buat Proses Produksi
Buat pecinta kopi, pastinya setiap harinya tidak mau melewatkan minum kopi. Minuman yang juga punya banyak manfaat kesehatan ini, memang sudah menjadi idola banyak kalangan, mulai dari anak-anak muda sampai orang tua. Agar menghasilkan kopi yang enak, ada mesin pengolahan kopi dalam proses pembuatannya atau produksinya.

Indonesia yang terkenal dengan kaya panen kopinya dari berbagai daerah, rasa kopinya akan semakin keluar kalau diolahnya dulu dengan menggunakan mesin pengolahan yang khusus. Mesin-mesin itu tidak hanya dipakai di industri pembuatan kopi, tapi ada juga yang menggunakannya di kafe-kafe atau tempat minum kopi lainnya.

Teknilogi Pengolahan Kopi

Kalau kamu mau membuka bisnis kopi, coba kamu cari tahu dulu mesin pengolahan buat kopi apa saja yang harus dibutuhkan.

Alat Pengupas Kopi

Alat pertama yang perlu kamu punya dalam memproduksi kopi yaitu alat pengupas kopi. Alat ini adalah alat pertama yang harus kamu sediakan karena kopi yang masih dalam bentuk biji harus dikupas lebih dulu sebelum diolah menjadi berbagai macam olahan kopi.

Setelah kopi-kopi di panen, kopi-kopi dimasukkan ke dalam alat pengupas kopi agar kulit luarnya atau arinya terlepas dari bijinya. Daging-dagingnya juga akan ikut terkelupas sampai bijinya yang kemudian diambil. Alat pengupas kopi ini sebenarnya ada 2 cara, yaitu menggunakan cara tradisional atau dengan mesin yang lebih modern.

Kalau dilakukan secara tradisional, alat yang dipakai disebut lumpang dan alu. Tapi kalau mau dilakukan dengan menggunakan mesin yang lebih modern, mesin itu dikenal sebagai coffee pulper machine.

Alat Penggiling Kopi

Alat penggiling kopi atau coffee grinder merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam proses produksi kopi. Pastinya industri kopi menggunakan alat ini kalau mau kopinya dijadikan bubuk. Kopi yang sudah diolah menjadi bubuk akan jadi lebih gampang diseduh karena hanya menggunakan air panas saja.

Mesin Penggiling Kopi

Agar aroma kopi dan rasanya semakin keluar, sebelum digiling kopi harus dikeringkan lebih dulu dan disangrai. Baru setelah mengeluarkan aroma khasnya yang tajam, biji kopinya bisa digiling buat dijadikan bubuk dan dikemas.

Coffee Roaster

Kopi akan mengeluarkan rasa dan aroma yang lebih kuat kalau sebelum diolah menjadi bubuk di panggang lebih dulu. Buat memanggangnya, ternyata ada alat pengolahan khusus yang dipakai, yaitu coffee roaster. Alat itu akan memanggang kopinya dengan suhu dan waktu yang sudah ditentukan.

mesin Coffee Roaster

Sekarang ini sudah semakin banyak coffee roastes yang dilengkapi dengan pengaturan kadar keasaman. Jadinya tingkat keasamannya bisa kamu atur sendiri sesuai yang kamu inginkan. Kalau secara tradisionalnya, pemanggangan biji kopi bisa dilakukan secara sangrai.

Sangrai merupakan cara tradisional yang kopinya dimasukkan ke wajan penggorengan. Tidak usah menggunakan minyak saat mengsangrainya. Cukup di aduk-aduk di atas api yang besar selama beberapa menit.

Syphon

Alat satu ini pasti masih asing buat kamu yang masih awam dalam dunia kopi. Sebenarnya syphon adalah alat yang sudah sangat sering digunakan dalam bisnis produksi kopi. Mesin pengolahan kopi ini menjadi salah satu alat yang penting karena bisa meningkatkan cita rasa kopinya.

siphon coffee, syphon

Alat ini sekilas mirip seperti alat laboratorium. Dari metode yang digunakannya juga mirip dengan alat laboratorium pada umumnya, yaitu suction dan vakum. Kedua cara itu akan menghasilkan uap yang memberikan rasa kopinya menjadi lebih beragam, seperti aromanya lebih kuat, halus, dan friendly. Meski tidak jarang ditemukan, biasanya alat ini lebih banyak ditemukan di kafe-kafe premium.

Sudah semakin tahu kan mesin pengolahan kopi apa-apa saja yang kamu butuhkan buat berbisnis kopi? Kalau dari harganya, mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta. Kamu yang mau memulai bisnis produksi kopi, lebih baik pilih mesin yang murah tapi tetap berkualitas. Jadinya, biji kopi kamu akan tetap nikmat dikonsumsi menjadi minuman kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *